Thursday, 7 April 2016

Diduga mengharap judi Gelper dilegalkan, Asosiasi lakukan seminar, Undang penegak dan pakar hukum

Batam, Dinamika Kepri - Status keberadaan Gelangang permainan (Gelper) di Batam tengah lagi gonjang-ganjing, maka dari itu hari ini Kamis (7/4/2016) Gelper dibahas melalui seminar Nasional dengan topik " Tindak pidana perjudian dengan arena ketangkasan elektronik".

Seminar membahas gelper ini dilakukan dilantai III di hotel Planet holiday, dengan menghadir 6 narasumber, antara lain, Kapolres Barelang, Kejari Batam, Ketua DPP Arki, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prof.Dr. Muhammad Fauzan.SH.M.Hum dan Dr.Jamin Ginting.SH.MH.

Dalam pembahasan Gelper ini, perwakilan dari pengusaha menyebutkan, bahwa permainan gelper bukanlah permainan untung-untungan seperti yang ditudingkan.

Selain itu juga sebutkan, bahwa permainan Gelper dilakukan sudah sesuai dengan Peraturan MenterBatam, Dinamika Kepri - Status Keberadaan Gelangang permainan (Gelper) di Batam, Hari ini Kamis (7/4/2016) dibahas melalui seminar Nasional dengan topik " Tindak pidana perjudian dengan arena ketangkasan elektronik".

Acara seminar bahas gelper ini dilakukan dilantai III di hotel Planet holiday, dengan menghadir 6 narasumber, antara lain, Kapolres Barelang, Kejari Batam, Ketua DPP Arki, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prof.Dr. Muhammad Fauzan.SH.M.Hum dan Dr.Jamin Ginting.SH.MH.

Dalam pembahasan Gelper ini, perwakilan dari pengusaha menyebutkan, bahwa permainan gelper bukanlah permainan untung-untungan seperti yang ditudingkan.

Selain itu juga sebutkan, bahwa permainan Gelper dilakukan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Pariwisata No 30 tahun 2014 tentang standarisasi arena permainan.

Dr.Jamin Ginting. SH.MH dalam kata sambutannya mengatakan bahwa peran PERS dalam penyampaian berita terkait Gelper juga dapat mempengaruhi tumbuhnya iklim Ekonomi Kreatif, sebab pengusaha akan dibayangi rasa ketakutan.

Gelper adalah adalah singkatan dari Gelanggang permainan yang menggunakan mesin ketangkasan. Dalam seminar ini,  para pengusaha meyakinkan bahwa usaha yang mereka lakukan bukanlah tindak perjudian.

Dalam seminar itu, Kata Wakapolres, Mesin Gelper bukan mesin judi, tetapi mesinnya yang digunakan jadi ajang berjudi.(Ag)

Editor : Agus Budi T