Saturday, 23 April 2016

Aneh tapi nyata, Di China ada kampung penduduknya cuma 1orang

Beijing, Dinamika Kepri - Walau Penduduk China memiliki penduduk 1,3 miliar jiwa, bukan berarti membuat di semua tempat negara China penuh dengan penduduk.

Salah satunya adalah desa Xuenshanse di provinsi Gansu. Desa ini adalah contoh ekstrem daerah di China yang jauh dari kata padat penduduk.

Selama 10 tahun, desa ini hanya memiliki satu warga, bernama Liu Shengjia, yang hidup bersama ternak dombanya. Semua tetangga Liu sudah pindah atau meninggal dunia.

Menurut laporan CCTV, selama 10 tahun terakhir, semua tetangga Liu meninggalkan desa itu karena minimnya sumber daya. Namun, Liu tetap tinggal di desa itu untuk menjaga ibunya yang sudah berusia lanjut.

Setelah sang ibu meninggal dunia, praktis tinggal Liu yang tinggal di desa itu, ditemani beberapa domba peliharaannya.

Liu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengurus domba-dombanya. Sisanya adalah kehidupan Liu di desa itu, yang terbilang sangat susah.

Dia harus berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih dan memikulnya pulang ke rumah. Sementara itu, tempat terdekat untuk membeli bahan makanan berjarak beberapa kilometer sehingga Liu mencoba untuk mencukupi kebutuhannya sendiri.

Dia mendapatkan tambahan uang dari pekerjaannya menjaga sebuah hutan di dekat kediamannya. Meski demikian, Liu mengatakan, dia mencintai kehidupannya yang tenang, dan menyayangi domba-dombanya.

Meski tinggal sendirian di sebuah desa yang cukup terpencil, kehidupan Liu tidaklah terbelakang. Bahkan, dia memiliki rumah yang cukup nyaman.

Rumahnya dialiri listrik. Dia juga memiliki telepon genggam, dan dia menyediakan dua tempat tidur untuk mengantisipasi jika seseorang datang berkunjung.

"Hidup sendiri di sini bukan masalah bagi saya. Namun, jika waktunya tepat, saya ingin pindah ke tempat yang lebih ramai," kata Liu.

Sumber: shanghaiist