Thursday, 17 March 2016

Terkait PT Amtek ketahuan buang limbah sembarangan, Warga : Bukan sekali ini saja, Itu sudah sering terjadi

Sebelumnya, Ketika Limbah masih terlihat
Batam, Dinamika Kepri - Kemungkinan karena sudah banyak merugi akibat seringnya selalu berdamai dengan para Ormas dan OKP di Batam, akibat ulahnya membuang limbah sembarangan sudah hal yang biasa bagi PT Amtek Engineering Batam.

Bukan tidak mungkin jika PT Amtek  Engineering Batam yang beralamat dikawasan Industri  Cammo Batam Center ini sudah menjadi merasa kebal dengan segalanya protes protes warga sekitar. Ada dugaan perusaahan ini juga telah kebal hukum yang berlaku di negara ini.

Selain itu, pemilik perusahaan ini diketahui adalah warga negara Singapura yang memang biasanya, jika warga Singapura memang kerap selalu menyelesaikan segala hal dengan uang, namun itu dilakukan hanya diluar negaranya. dan itu mungkin banyak diaminkan orang.

Dan yang paling anehnya lagi, Bagaimana mungkin seorang kepala Bapedalda kota Batam, Ir Dendi Purnomo juga bisa mengatakan bahwa Perusahaan ini adalah Perusahaan yang Bandel. Ia bukan menindaknya, malah mengeluar kata seperti demikian " Itu PT Bandel" katanya kepada media ini ketika ditanyai apa tanggapannya terkait datangnya puluhan warga sekitar, mendemo perusahaan tersebut pada tanggal 7 Maret 2016 lalu.

Sesudahnya

Tidak sampai disitu saja, Pada tanggal 9 Maret 2016, Komisi III Dprd Kota Batam yang membidangi Lingkungan Hidup juga tidak berkutik ketika melakukan Sidak, Pasalnya lokasi pencemaran yang akan di sidak, sudah dibersikan oleh pihak Perusahaan. ketika diconfirmasi pada hari Rabu (16/3/2016) sore, kepada media ini pihak PT membenarkan bahwa Komisi III Dprd Kota Batam sudah melakukan sidak perusahaan.Bahkan ia juga tidak bersedia menyebutkan siapa saja nama-nama dewan Komisi III yang sudah menyidak.

Menurut Pak Amir salah satu dari warga yang memprotes Limbah PT Amtek, menuturkan bahwa di perusahaan itu bukan sekali itu saja ketahuan ketika membuang limbahnya sembarangan melalui selokan. kata Pak Amir kepada media ini, terangnya, sudah bertahun-tahun perusahaan melakukannya.

" Bukan sekali ini saja, itu sudah lama terjadi, sudah bertahun-tahun , biasanya mereka buang limbah di hari hujan. Mungkin terakhir ini mereka salah prediksi dikira hujannya deras malah sebentar, makanya limbah itu gak sempat mengalir. Dan setahu saya juga, kalau sebelum kejadian ini, ada Ormas dan OKP komplain karena limbahnya, tidak tahu persis gimana ceritanya lagi, namun saya dengar-dengar kalau mereka, sudah berdamai dengan perusahaan. " kata Pak Amir mengenang.

Ada dugaan jika perusahaan ini sudah menjadi ladang empuk bagi banyak kepentingan. Pasalnya ketika Perwakilan dari warga yang protes ini tertahan ketika ingin mengurus izin demo. Katanya kepada media ini. Perwakilan warga itu menuturkan, kalau yang menahan itu niat demo itu, masih berniat mengusahakan mencari solusinya.

" Kami sudah mengurus semua izin untuk demonya, namun untuk sementara masih di pending, sebab yang menahan dan mengatakan akan mencarikan solusi terbaiknya. Dan jika sampai hari yang tentukan tidak ada solusinya juag, hari Senin tanggal 21 Maret 2016 mendatang, dipastikan kami akan mendemo perusahaan." kata perwakilan dari warga itu menuturkan.

Inilah selokan yang diduga dirancang khusus untuk membuang limbah jika hujan mengguyur..

Pantuan media di tempat dimana limbah itu ditemukan warga di belakang PT Amtek, terlihat selokan sudah bersih. bahkan ada satu selokan dari  perusahaan terlihat mencurigakan. seperti tampak pada gambar diatas, selokan tampak ini kering. Bukan seperti selokan biasanya selalu berair. selokan ini semi kering sepertinya selokan ini selokan khusus. Kata warga di sana, kalau hujan, airnya mengalir deras dan terkadang terlihat hitam pekat.(*)

Editor : Agus Budi T