Saturday, 26 March 2016

Terkait PT Amtek Batam Engineering buang limbah sembarangan, Rosmalinda : Kami sudah menindaknya. Jeffri : Minggu depan akan kita panggil

Limbah PT Amtek Engineering Batam yang teronggoh di selokan, Foto/dok dinamikakepri , Rabu (9/3/2016).
Batam, Dinamika Kepri-Perusakan Lingkungan di Batam akibat dari ulah para pengusaha nakal sepertinya tidak sudah semakin tak  terbendung lagi.

Kendati katanya sudah pernah melakukan penindakan oleh Bapedalda terhadap PT. Amtek ini, Namun pihak Perusahaan yang beralamat di Cammo kawasan Industri Batam Center ini, tidak jera, sebab masih saja berusaha melakukan pelanggaran hukum dengan membuang limbah cair jenis Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) nya dengan sembarangan dengan melalui ke selokan/parit perusahaan.

Terkait penemuan warga atas limbah tersebut pada tanggal 9 Maret 2016 yang lalu, Kata Jeffri Simanjuntak dari komisi III Dprd kota Batam yang sudah turun langsung meniyidak lokasinya poerusahaan mengatakan kepada media ini, Bahwa limbah itu adalah limbah B3 atau mengadung limbah berbahaya jenis limbah cair jenis Chemical.

PT. Amtek Egineering Batam, didatangi Puluhan Waga. Kamis (10/3/2016)
Selain itu, untuk berjalannya penegakan Hukum di negara ini sebagaimana yang diatur dalam UU  Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Batam, untuk proses selanjutnya pada tanggal 21 Maret 2016 lalu kepada media ini ketika diconfirmasi, Jeffri Simanjuntak dari komisi III yang membidangi Lingkungan hidup itu mengatakan, berjanji akan segera memanggil pihak perusahaan dan pihak Badan Penanggulangan Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) kota Batam.

" Minggu depan  PT. Amtek dan Bapedalda akan kita panggil, Ya..benar kita sudah melakukan sidak perusahaan, Limbahnya itu mengandung Chimical." kata Jeffri memastikan saat itu.

Terkait PT Amtek  Engineering Batam yang sudah kerap membuang Limbahnya sembarangan melalui selokan, itu dibenarkan oleh warga sekitar, sebagaimana pernyataan itu disampikan lansung oleh warga kepada media ini, ketika mereka melakukan aksi protes ke perusahaan pada tanggal 10 maret 2016 lalu.

Menanggapi adanya kelakukan aksi nakal PT Amtek Engineering Batam ini, Rosmalinda selaku bagian penindakan di Bapedalda Kota Batam, ketika diconfirmasi awak media ini mengatakan, kalau pihaknya sudah pernah melakukan penindakan terhadap perusahaan tersebut.

 " Kami sudah menindaknya." kata dia melalui ponsel celularnya, Sabtu (26/3/2016). Namun ketika ditanya kembali kapan penindakan itu dilakukan, Rosmalinda tidak mejawab.

Terkait kebenaran atas pernyaataan Jeffri yang  mengatakan akan memanggil  PT Amtek Engineering Batam dan Bapedalda kota Batam minggu depan, Sabtu (26/3/2016) melalui pesan singkat awak media ini kembali mempertanyakan kapan hari dan tanggalnya pemanggilan itu. Namun sampai berita ini dimuat  pada pukul 15 : 10 Wib, Jeffri Simanjuntak tidak lagi menjawab.

Selain itu, pada hari Jumat sore, (25/3/2016) kemarin, dimana untuk menggapi pernyataan Jeffri akan memanggil PT Amtek, awak media ini juga sudah melakukan confimasi kepada pihak Perushaan PT .Amtek yaitu kepada Pendi yang diketahui selaku manager perusahaan tersebut, ketika diconfirmasi, " Seandainya Komisi III Dprd kota Batam akan memanggil pihak PT Amtek, Apakah panggilan itu akan ditanggapi pihak perusahaan". Sampai hari ini, Sabtu (26/3/2016) tidak ada jawabannya.

Dan saat ini yang tentunya menjadi pertanyaan masyarakat yang cukup signifikan adalah,
1.Berani atau bernyalikah Komisi III Dprd Kota Batam memanggil Pihak Perusahaan?
2.Jika terbukti bersalah, sangsi apa yang akan diberikan pemerintah kota Batam kepada perusahaan?
3. Jujur dan jangan bodohi masyarakat, Masih berlakukah UU  Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Batam?, jawabnya yuk..kita tunggu kabar selanjutnya. (Ag)

Editor : Agus Budi T