Thursday, 10 March 2016

Dirjen PolPum Kemendagri, Soedormo : Lulusan IPDN dapat menjadi PNS di KesbangpolPum

Soedormo.
Jakarta, Dinamika Kepri - Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) akan menawarkan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) masuk ke dalam struktur kelembagaanya.

Hal ini ia lakukan setelah harmonisasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Vertikalisasi PUM tuntas.

RPP ini sudah dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. Jika sudah selesai, maka nama dari kesbangpol akan berganti menjadi KesbangpolPum.

Dirjen PolPum Kemendagri, Soedormo mengatakan, dalam struktur organisasinya KesbangpolPum akan menarwarkan lulusan IPDN menjadi PNS di lembaga tersebut. Selain itu, ia juga berencana mengajak sejumlah PNS daerah bergabung.

“Untuk penawaran yang lebih bagus, kita tawarkan kepada daerah yang mau bergabung yang di luar Kesbangpol yah. Misal yang kosong itu eselon IV kita tawarakan kepada mereka-mereka yang tak ada eselon,” ujar Soedarmo, baru baru ini.

Ia menambahkan, jika yang kosong itu eselon III, Ditjen PolPum akan menawarkan kepada eselon IV yang memang sudah memenuhi syarat masuk ke eselon III. Dan hal itu, kata dia, akan menjadi rebutan para PNS di daerah.

Sebelumnya dia menjelaskan, untuk existing saat ini sudah tidak ada masalah lagi, karena yang lalu tidak memakai existing vertikalisasi. Untuk jumlah pegawainya juga, kata Soedarmo sudah selesai, dan sudah dipetakan. Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) ia tetap memberikan kesempatan bagi pegawai negeri di daerah untuk memilih.

“Jadi kalau misalkan nanti kita sudah mendapatkan mana yang ke pusat mana yang ke daerah, katakanlah ada daerah sekian, kan kita mencari penggantinya. Tinggal kita tawarkan saja ke daerah siapa yang mau gabung,” tandasnya.

Sumber : kemendagri.go.id