Thursday, 24 March 2016

BC Kakanwil Karimun Berhasil Amankan Kapal Tanker Penyeludup Minyak Mentah Ketika Menuju OPL Singapura

Kapal Tanker MT Tabongane 19, Foto/Dok : Lamhot N.
Tanjung Balai Karimun, Dinamika Kepri - Bea dan Cukai (BC) Karimun, pada Rabu siang, (23/3/2016), berhasi menangkap satu kapal Tanker yang bermuatan puluhan ton  minyak mentah  diperairan Kepri. Minyak yang diduga hasil curian ini sengaja di selundupkan dari Palembang, Sumatra Selatan akan menuju Operational Port Limited (OPL) Singapura.

Dari kapal tersebut,  petugas berhasil mengamankan satu Nahkoda dan 10 anak buah kapal (ABK) berserta barang bukti berupa  puluhan ton minyak mentah.

Kapal  Tanker bernama MT. Tabongane 19 yang  mengangkut puluhan ton minyak mentah ini, diamankan petugas patroli BC saat melintasi perairan Kepri, hendak menuju OPL  negara  Singapura karena nahkoda tidak dapat menunjukkan dokumennya kepada petugas

Ditambah lagi saat kapal  diperiksa, petugas juga mendapati ribuan liter minyak mentah di dalam lambung kapal, setelah melihat ada yang mencurigakan, kemudian kapal ini langsung diamankan ke dermaga BC Karimun. Dan seluruh awak kapal saat itu juga dilakukan pemeriksaan.

Puluhan ton minyak mentah tersebut diduga hasil curian dari perusahaan-perusahaan minyak mentah di Tanjung  si api- api Sumsel. Selain hasil curian minyak tersebut, juga diduga merupakan hasil tambang ilegal dari daerah Sumatra Selatan.

" Minyak ini rencananya akan di jual di perdagagan bebas laut singapura melalui laut perairan Kepri," kata Parjiya, Kakanwil  Bea dan cukai Tanjung balai Karimun, kepada para media.

Dan sementara ini kapal dan para awaknya, masih dalam pengawasan petugas BC Karimun, untuk dilakukannya pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut.(Ln)

Editor : Agus Budi T