Monday, 7 March 2016

Bawa ganja seberat 12,400 Kg, Lesman Siregar divonis 15 tahun penjara denda Rp 1 Miliar

Lesman Siregar,(kiri) sedang dipakaikan borgol oleh petugas.
Batam, Dinamika Kepri- Lesman Siregar tersangka pemilik narkoba jenis Ganja seberat 12,400 Kg  asal  Aceh yang tertangkap di pelabuhan Pelni Sekupang pada hari Kamis (9/7/2015) lalu  Akhirnya divonis 15 tahun penjara dan denda sebesar 1 miliar di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Senin (7/3/2016).

Lesman Siregar ditangkap setelah kurirnya bernyanyi kepada Polisi.  Kurirnya itu ditangkap setelah kapal Pelni dari Medan merapat di pelabuhan beton Sekupang. kurirnya itu tidak tahu jika saat itu polisi dari KKP sekupang tengah melakukan pengamanan rutin di pelabuhan tersebut tengah curiga melihat gelagatnya.

Melihat itu polisi pun melakukan pemeriksaan dengan barang bawaan kurirnya, ternyata benar kecurigaan polisi terbukti, didalam Tas ditemukan sebanyak 13 Kg ganja kering yang dibungkus rapi mirip batu bata dengan lakban berwarna kuning.

Maka kurir warga Aceh itu langsung diaman di Pos KKP Sekupang untuk mempertanggungkan perbuatannya. Setelah diinterigasi polisi, kurir itu mengaku siapa pemesannya. Kepada polisi kurir mengaku kalau dirinya diupahi Rp 5 juta oleh pemesannya. Mendengar pengakuan kurir, Tak lama menunggu lama, Lesman Siregar akhirnya berhasil ditangkap.

Dalam kasus ini, Lesman Siregar terbukti telah melanggar UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.  Ketika hakim menjatuhkan vonis kepadanya, Lesman hanya bisa tertunduk dan menerima vonis atas ganjaran perbuatan yang ia lakukan. (Cn)

Editor : Agus Budi T