Tuesday, 16 February 2016

Polisi grebek rumah Penyekapan TKI ilegal di Tanjung Sengkuang Batam

Tampak  Pelaku (Baju Putih) ditangkap Polisi.
Batam, Dinamika Kepri- Jajaran anggota Satreskrim Polsek Batu Ampar, Senin (15/2/2016) malam tengah melakukan penggerebekan disebuah rumah penampungan TKI  ilegal yang berada ditengah-tengah  pemukiman  warga di Tanjung  Sengkuang, Batam. Dalam penggerebekan itu tersangka yang juga pemilik rumah langsung dibekuk oleh  petugas.

Dari dalam rumah, polisi menemukan  2 orang pria 1 perempuan disekap di dalam kamar dan sepucuk senjata api mainan. Ketiga orang tersebut  diduga hendak diberangkatkan  ke Malaysia  sebagai  tenaga kerja indonesia (TKI)  ilegal melalui Batam.

Pengerebekan ini  berawal dari laporan  dua orang pemuda  yang sebelumnya berhasil kabur dari penampungan tersebut. Diduga si pemilik rumah tersebut adalah salah satu dari jaringan perdagangan manusia antar negara yang kerap memberangkatkan  para TKI secara ilegal.

Dalam penggerebekan ini, polisi berhasil  menemukan 2 laki-laki dan satu perempuan di dalam kamar yang sengaja di kunci oleh tersangka tujuan agar keberadaan para calon TKI  ilegal ini tidak diketahui warga. Tersangka yang berada  berada di dalam rumah langsung dibekuk polisi.

Selain itu, polisi juga mengamankan sepucuk senjata api mainan yang disimpan di dalam lemari. diduga  senjata api mainan tersebut sengaja disimpan pelaku untuk menakut-nakuti para calon TKI yang tidak mau menuruti kemauannya.

Dari pengakuan para calon TKI ini, katanya mereka dijemput oleh seseorang dari kampung halamannya dan berjanji akan dipekerjakan di Malaysia secara resmi, namun sesampainya di Batam, mereka malah akan dipaksa berangkat oleh pelaku tampa menggunakan Dokumen yang syah (Paspor).

"Katanya saya mau diperkerjakan secara resmi di Malaysia, tahunya sampai disini malah mau diberangkatkan secara masuk gelap (ilegal), " beber anisial AS TKI asal dari Medan ini menuturkan kepada Media, usai pemilik rumah penyekapan TKI itu, dibekuk Polisi.

Untuk saat ini, pelaku tengah dalam pemeriksaan dan penyidikan oleh Polisi di Mapolsek Batu Ampar, Batam, Kepri. Sementara itu, kelima orang calon TKI juga dimintai keterangan oleh petugas untuk pengembangan penyelidikan lebih lanjut.(Ln)

Editor : Agus Budi T