Wednesday, 3 February 2016

Pasien sakit di Jambi dipastikan menderita Virus Zika

Puan Maharani
Jakarta, Dinamika Kepri - Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memastikan satu orang pasien sakit di Jambi dinyatakan menderita virus Zika.

"Namun hasil paparan Menkes itu sudah terkendali bisa diantisipasi dan bisa disembuhkan," ujar Puan saat jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Dia menjelaskan, deteksi terhadap virus yang dikatakan sama persis dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) itu sudah dilakukan pemerintah. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir.

Menurutnya, jika seseorang dinyatakan terjangkit virus Zika, biasanya gejalanya akan dimulai dari dua sampai tujuh hari. Dimana dalam kondisi tersebut penderita akan mengalami bintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot yang mengakibatkan terjadinya peradangan selaput lendir mata dan kemudian pasean menjadi lemah.

Kendati begitu, Puan mengatakan virus tersebut tak 'sedahsyat' yang terjadi di negeri asal virus Zika yakni di Brazil. "(Virus Zika) jangan sampai kemudian menjadi wabah yang terjadi di Indonesia, masyarakat agar tidak panik tapi tetap menjaga kebersihan, menjaga sanitasi," tandasnya.

(Sindo)