Monday, 29 February 2016

Menteri Susi Pudjiastuti, Tegaskan kebijakan KKP, Harus sesuai visi misi pemerintah

Susi Pudjiastuti.
Jakarta, Dinamika Kepri-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa kebijakan yang dibuat oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah sesuai dengan visi misi Pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla, yaitu menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

“Kita buat policy. Bukan policy saya, tapi policy negara untuk menjaga sumber daya laut. Kita larang trawl dan cantrang karena policy negara. Kita mengamankan visi misi pemerintah menuju laut masa depan bangsa,” tegas Menteri Susi dihadapan para pegawai KKP di Ballroom Gedung Mina Bahari 3, Jakarta,  Senin (29/2).

Lebih lanjut Menteri Susi menjelaskan bahwa salah satu kebijakan KKP yang fokus dalam memberantas Illegal, Unreported and Unregulated (IUU)Fishing adalah demi merealisasikan laut sebagai masa depan bangsa.

“Ratusan kapal yang terlibat IUUF kita berhentikan. Peraturan Menteri (Permen) saya terbitkan demi merealisasikan laut masa depan kita. Kita punya frame yg jelas. Mengelola perikanan dengan keberlanjutan dan kemanusiaan. Kita mengawal visi misi pemerintah yang sudah sangat bagus,” jelas Menteri Susi.

Dalam rapat ini, Menteri Susi juga memberi arahan kepada para pegawai KKP untuk lebih serius dalam melakukan investigasi terkait keamanan di laut Indonesia.

“Ini tanggung jawab Dirjen Budidaya, Tangkap, dan Pengelolaan Ruang Laut (PRL) juga. Peternakan (pembudidayaan) kerapu beberapa bukan ternak, tapi ditangkap dengan portas, sianida, dan bom. Kita harus serius investigasi. Portas, sianida, dan bom itu dibawa oleh kapal Hongkong,” ujar Menteri Susi.

“Penangkapan telor ikan, sunu sudah sampai Raja Ampat. Ini sudah ada investigasi dari pihak luar, dari pihak kita belum ada. Ini saya kasih tugas kepada Anda semua,” jelas dia.




Sumber : kkp.go.id