Wednesday, 3 February 2016

Ketahui inilah mancing ikan unik tampa mata kail

Batam, Dinamika Kepri- Katanya gaya mancing ikan tidak memakai mata kail ini, sudah 2 tahun populer dikalangan para pemancing ikan mania di Batam.

Kelihatan memang cukup aneh dan unik, namun masuk logika. Ya memancing ikan tampa kail. Lalu pakai apa mengambil ikannya?, jawabnya Pakai jaring net berbahan tali senar pancing berukuran diameter 40 Cm.

Kata pemancing yang menggunakan  ala unik ini, harga net jaring yang dipakainya itu ada dijual disetiap toko pancing yang ada di Batam.

"Kalau mancing ikan model gini, sudah mulai dari 2 tahun lalu. Yang seperti ini memang lebih enak dan enggak perlu harus usah-susah cari umpan, kalau harganya ini cuma beli Rp 30 ribu saja selain itu bisa dipakai lama, tergantung kita bagaimana menjaganya." kata seorang pemancing ikan air tawar di parit Tiban Koperasi, Sekupang, Batam, Selasa(2/2/2016).

Biasanya mata pancing yang di ikat diujung tansi. Namun Ini beda, malah jaring net di ikatkan di ujungnya. Tampak seperti gambar diatas.

Terlihat cara penggunaannya pun lebih praktis karena tampa harus susah lagi menusukan umpan seperti yang lain. Tinggal melemparkannya ke tempat yang mana banyak ikannya. Tunggu 5 menit tarik, maka ikan sudah ada yang sangkut di jaring.

Selain itu, ikan yang di dapat juga bisa lebih dari satu sekali tariknya. Bahkan untuk ukuran yang hendak diambil tergantung selera. Jika ingin mengait ikan ukuran besar maka harus menggunakan ukuran mata jaring yang besar.

Tetapi kelemahan memakai pancing jenis ini hanya bisa digunakan air dikeruh saja, pasalnya jika airnya bening pasti ikan dapat melihat perangkap yang ada di depannya.

Nah jika anda ingin mencobannya. Mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba bagaimana keanehannya.

Dan seandainya pun tidak ada yang menjual alat tersebut ditempat anda, cobalah untuk creatif sendiri untuk membuatnya.(Ag)

Editor :Agus Budi T