Wednesday, 17 February 2016

Kemendagri Akan Siapkan Konsep Pendidikan Sekolah Damkar

Jakarta, Dinamika Kepri – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menyiapkan konsep materi dan pembalajaran untuk kebutuhan Sekolah Pemadam Kebakaran. Hal ini dianggap perlu untuk melatih dan memberikan pendidikan kepada petugas agar lebih tanggap dan cepat melayani masyarakat.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendagri, Yuswandi A Tumenggung mengatakan, rencana Kemendagri tersebut sampai saat ini masih didiskusikan terkait konsep dan mata kuliah apa yang akan diberikan. Sekolah ini dirancang seperti sekolah Satpol PP dan IPDN.

“Konsep dan mata kuliah didiskusikan karena itu bagian daripada tugas pemerintahan umum, temen-temen mendiskusikan itu. Karena itu seperti satuan tugas yang memerlukan kekhususan,” ujar Yuswandi di kantor Kemendagri, Selasa (16/2).

Yuswandi mengaku diskusi tersebut sudah dilaksanakan namun belum terpusat, artinya sejumlah pemerintah daerah (Pemda) sudah merancangnya. Namun perlu Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang pencegahan pemadan kebakaran.

Saat ini petugas kebakaran selalu telat dalam melaksanakan tugas. Oleh karenanya, menurut Yuswandi, pemerintah perlu membangun sekolah pemadam kebakaran agar tidak telat lagi dalam memadamkan si jago merah.

“Yah itu, itukan sensitivitas kita melihat itu dari waktu kewaktu. Kita coba lihat dari kapasitas bildingnya, mungkin juga istrumennya, mungkin juga standar kerjanya itu semua dibenahi. Pemerintah pusat memiliki kewajiban memfasilitasi semuanya sehingga urusan layanan publik dibidang itu tidak paripurna,” jelasnya.

Untuk tempat sekolah petugas pemadam kebakaran itu sendiri masih belum dipikirkan. Saat ini, kata Yuswandi, masih dalam rancangan, termasuk materinya yang nanti akan dikasih dan target grup-nya.

“Ohh belum, sekarang masih sedang dirancang, termasuk materinya, termasuk juga target grup nya. Sedang berjalanlah,” tandasnya.

Sumber :Puspen Kemendagri