Friday, 5 February 2016

Kapal MV Ocean Carrier diduga muat Uranium, Kandas di perairan laut Pulau Sambu Batam

Mengatamati. Tampak Rudi Wijanarko, Kepala KPLP pos Pulau Sambu, Batam dan R.Eko Suyatno, Danlanal, sedang mengamati kapal MV Ocean Carrier yang sedang kandas.
Batam, Dinamika Kepri - Diduga karena ingin  menghindari tabrakan, kapal kargo berbendera Cina malah kandas diperairan Pulau Sambu, Batam, Kepri, Jumat (5/2/2016).

Kapal bermuatan pasir besi dan Uranium ini berlayar dari Iran tujuan Cina. Saat ini, pihak terkait masih menyelidiki penyebab kandas sekaligus mengecek muatan kapal tersebut.

Akibat kejadian ini, Kapal MV Ocean Carrier ini sudah dijaga oleh petugas TNI angkatan laut dan petugas kesatuan penjaga laut dan pantai, KPLP dari kantor pelabuhan laut Batam. Dimana Kapal asal Cina ini kandas setelah menghindari dan  tabrakan dengan kapal tandu yang menarik tongkang yang sedang berlayar dari Batam tujuan Singapura.

Selain itu, Kapal yang dinahkodai Huang Ha ini berlayar dari Iran tujuan Cina dengan membawa muatan pasir besi. Selain pasir besi,  kapal dengan 22 ABK ini juga diduga membawa Uranium.

Menurut Rudi Wijanarko, kepala KPLP pos Pulau Sambu, katanya hingga saat ini pihak terkait seperti polisi, Bea dan Cukai Batam serta TNI- AL masih menyelidiki apa penyebab kandasnya kapal MV Ocean Carrier tersebut.

Selain itu, kapal yang kandas juga diduga membawa uranium dalam muatannya. Terkait dugaan itu, kini kapal juga masih dalam tingkat pemeriksaan oleh instansi terkait.

Sementara dari hasil pemeriksaan fisik kapal, diketahui belum terjadi kebocoran akibat kandasnya kapal berbobot ribuan ton ini. Namun untuk menarik kapal dari TKP masih belum bisa dilakukan mengingat stabilitas kapal masih dalam pengecekan.

Bahkan kapal tersebut kini juga masih terus dilakukan penjagaan oleh TNI- AL dengan mengerahkan  2 kapal patroli dilokasi kandasnya kapal asing tersebut.

" Belum diketahui pastinya kapan kapal MV Ocean Carrier ini akan ditarik dari lokasi kandas, Pasalnya pihak kantor pelabuhan laut juga masih menunggu pihak dari owner kapal MV Ocean Carrier terkait masalah evakuasinya." Ucap R. Eko Suyatno, Danlanal Batam.(Ln)

Editor : Agus Budi T