Sunday, 28 February 2016

Inilah trik lawan Varises dengan cara alami

Varises
Dinamika Kepri - Jika di kaki anda ada urat-urat berwarna kebiruan yang menonjol di atas permukaan kulit seoerti gambar diatas, artinya anda sedang mengalami penyakit Varises.

Walaupun varises tidak sakit, namun bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Penyebab pastinya belum diketahui, namun kecenderungan genetik memiliki urat yang lemah bisa jadi punya peranan terhadap varises.

Hormon juga memainkan peranan penting dalam munculnya varises, karenanya tak heran hal ini banyak dialami oleh wanita hamil. Selama kehamilan, peningkatan sirkulasi darah antara ibu hamil dan bayinya bisa membuat pembuluh darah bengkak.

Duduk dengan posisi rahim yang sedang penuh tepat berada di atas paha juga bisa menghambat darah mengalir menuju jantung.

Kebanyakan varises yang muncul saat kehamilan biasanya mengempis kembali setelah tiga bulan, walaupun kehamilan baru bisa memicunya kembali--dan terkadang tak bisa hilang lagi.

Kabar buruknya, beberapa kasus varises tidak bisa dihindari. Kabar baiknya? Pada kebanyakan kasus, ada cara-cara alami untuk mencegah dan menguranginya. Dilansir dari Prevention, Jumat (26/2/2016), berikut cara-cara alami menangani varises:

1. Sering berolahraga agar aliran darah lancar
2. Tinggikan kaki Anda di atas bantal setiap hari selama 10 menit atau lebih
3. Hindari naik berat badan yang drastis.

4. Sikat kaki dalam kondisi kering untuk meningkatkan sirkulasi darah. Anda bisa menggunakan sikat dengan gagang panjang agar bisa mencapai setiap bagian tubuh. Sikatlah kaki Anda secara lembut mulai dari tumit ke atas dalam gerakan melingkar. Lakukan hal ini sebelum mandi, sehingga Anda bisa mencuci kulit-kulit mati setelahnya. Setelah mandi balurkan pelembab untuk mendapatkan kulit halus berkilau. Namun, jangan menyikat area dengan varises yang sudah menonjol, karena hal ini malah bisa menyebabkan iritasi.

5. Konsumsilah vitamin E untuk meningkatkan sirkulasi, dan vitamin C dan B-kompleks untuk memperkuat pembulu darah.

6. Pijatlah kaki dengan gerakan ke arah atas, mendorong darah Anda ke arah jantung. Gunakan minyak pijat yang mengandung coconut oil, lalu tambahkan tiga tetes lavender oil, dan satu tetes peppermint oil.

7. Hindari duduk terlalu lama, terutama dengan kondisi kaki bersila.
8. Gunakan pakaian yang longgar
9. Cobalah pengobatan akupunktur atau refleksiologi untuk meningkatkan sirkulasi dan memindahkan energi yang stagnan.

10.Hindari berdiri terlalu lama
11. Tarik kaki ke atas dan ke bawah, dan putar tumit ke kanan dan ke kiri dua kali sehari.(*)

Editor : Agus Budi T
Source : bantushare