Wednesday, 3 February 2016

Di Batam, Memancing ikan bukanlah hobi, Melainkan karena terpaksa

Batam, Dinamika Kepri- Beginilah kondisi keseharian  mantan para pekerja di Batam. Katanya dari pada tidak ada kegiatan, mendingan pergi memancing ikan mujair.

Maka tidak heran, disetiap ada air yang tergenang di Batam, pasti sudah ada orang yang memancing ikan disana. Kedengarannya cukup aneh namun itulah yang terjadi.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang telah gulung tikar dari Batam. Akibatnya pengangguran meningkat, maka sebagian orang ada yang meninggalkan Batam untuk mencari pekerjaan baru keluar daerah. Walau ada yang demikian banyak juga yang masih bertahan berusaha mencari pekerjaan di Batam.

Katanya menunggu lamaran diterima, dari mereka banyak yang lebih memilih memancing ikan. Ucapnya jika ikannya dapat banyak, pastinya boleh di jual.

Seperti pemancing yang selalu tampak di Sungai Tiban koperasi. Kepada media ini salah satu pemancing mengatakan, ia memancing bukanlah karena hobi melainkan karena terpaksa menunggu ada panggilan dari perusahaan yang dilamarnya.

" Bagiku memancing ini memang terpaksa, tapi mau gimana lagi, dari pada tidak ada kegiatan sama sekali. Lagian kalau saya dapat banyak ikan bisa saya jual. Ya untuk sementara ini ya seperti inilah dulu, Habis mau gimana lagi lamaranku ke PT sampai sekarang ini belum juga dipangil-panggil. Ya mau tidak seperti inilah." tukasnya menjelaskan keluh kesal yang enggan nama itu di tuliskan.

Ternyata selain dia, ada beberapa pemancing lain yang juga sama nasibnya seperti dirinya.

Pantuan media media ini, Selasa (2/2/206) begitu banyak pemancing di Sungai Tiban Koperasi tersebut. Bahkan Setiap harinya tempat pemancingan ramai seperti pasar. Apalagi di setiap baru usai hujan reda di siang dan sore hari, dipastikan tempat pemancingan tersebut, akan bertambah ramai seperti pasar kaget.

Bahkan  diantara mereka (pemancing=red) banyak yang mengharapkan ada orang yang menaburkan lele menjelang hari raya Imlek ini ke sungai itu, setidaknya jika itu terjadi, mereka dapat menambahi penghasilan lebih dari penjualan ikannya.

Selain para pria, ternyata ada juga beberapa wanita yang terlihat tengah serius memancing di tempat itu.(Ag)

Editor : Agus Budi T.