Thursday, 21 January 2016

Ternyata Jokowi masuk Nominasi 5 besar pemimpin terpopuler di dunia

Jakarta, Dinamika Kepri-  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menempati posisi kelima dalam daftar pemimpin dunia dengan jumlah penggemar terbanyak (baca: terpopuler) di Facebook.

Hal tersebut termuat dalam hasil penelitian Twiplomacy, yang dirilis perusahaan public relations dan komunikasi internasional, Burson-Marsteller. Penelitian ini berdasar pada pengolahan data yang dilakukan pada Januari 2016, dengan melibatkan laman Facebook resmi milik 87 kepala negara, 82 kepala pemerintahan, dan 51 menteri luar negeri.

Dalam rilis yang diterima Beritagar.id (19/1/2016), laman Facebook Presiden Joko Widodo tercatat memiliki lebih dari 6 juta penggemar. Capaian itu hanya kalah dengan empat laman lainnya.

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjadi pemuncak daftar pemimpin terpopuler itu, dengan torehan lebih dari 46 juta penggemar.

Di posisi kedua ada laman pribadi Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang memiliki sekitar 31 juta penggemar. Adapun laman institusional milik Modi, menempati urutan tiga, dengan torehan sekitar 10 juta penggemar. Peringkat keempat diduduki Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang jumlah penggemarnya melebihi angka 7,9 juta.

Bila skala para pemimpin ini diperkecil menjadi tingkat benua, Jokowi menempati posisi ketiga di antara para pemimpin Asia. Ia hanya kalah dari laman pribadi dan institusional milik Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Sebagai catatan, Burson-Marsteller juga menekankan bahwa jumlah populasi di sebuah negara turut mendongkrak popularitas para pemimpin di Facebook. Lebih kurang, semakin besar populasi sebuah negara, kans pemimpinnya meraih banyak penggemar turut membesar.

Source : beritagar.id