Thursday, 28 January 2016

Waspadai Nyamuk Virus Zika Disekitar Anda

Dinamika Kepri- Waspadai Virus Zika. Virus Zika adalah nyamuk yang mengandung virus, Nyamuk jenis ini adalah baru yang pertama kali diidentifikasi di Uganda pada tahun 1947, Nyamuk berbahaya ini ditemukan pada jenis monyet rhesus yang mengalami demam kuning sylvatic.  

Hal ini kemudian diidentifikasi pada manusia pada tahun 1952 di Uganda dan di Republik Tanzania. Wabah penyakit virus Zika juga telah tercatat di Afrika, Amerika, Asia dan Pasifik.

Penyakit virus Zika tidak jelas, tetapi mungkin beberapa hari saja. penyakit ini gejalanya mirip dengan infeksi arboviral lainnya, seperti demam berdarah, dan termasuk demam, ruam kulit, konjungtivitis, otot dan nyeri sendi, malaise, dan sakit kepala. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan berlangsung selama 2-7 hari saja.

Wabah besar ini sebelumnya juga sudah pernah terjadi di Polinesia Perancis dan Brasil pada tahun 2013 dan 2015. Ketika virus Zika ini menyerang, otoritas kesehatan nasional negara itu melaporkan bahwa penederitanya berpotensi telah mengalami komplikasi neurologis dan auto-imun dari serangan penyakit virus Zika tersebut.  


Baru-baru ini di Brasil, otoritas kesehatan setempat juga telah mengamati bagaimana peningkatan infeksi virus Zika di masyarakat umum, Namun Virus Zika ini  kebanyakan ditemukan pada bayi yang baru lahir.

Untuk menghindari nyamuk dari bervirus ini, wajib untuk melakukan hidup bersih, menjaga kebersihan lingkungan dimanapun berada, pasalnya nyamuk bervirus Zika ini tidak ada bedanya seperti nyamuk Aides yang biasanya menggigit pada pagi dan sore dan malam.(Ag)

Editor : Agus Budi T