Sunday, 10 January 2016

Ketahui, Inilah 7 Aplikasi dan Game VR Untuk Google Cardboard di Smartphone

Dinamika Kepri-Virtual Reality, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Ya, dunia virtual yang seperti kenyataan itu memang tengah populer akhir-akhir ini. Untuk mendapatkan pengalaman mengesankan di dalam dunia virtual, Anda membutuhkan headset VR yang mumpuni seperti Oculus Rift dan lain-lain.

Namun harga perangkat tersebut tidaklah murah, Anda perlu merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk dapat memboyong perangkat tersebut. Namun bagi Anda yang belum memiliki budget sebesar itu, Google telah menyediakan Cardboard yang mendukung smartphone untuk dijadikan sebagai media perangkat VR.

Menggunakan Google Cardboard, kita dapat merasakan pengalaman di dunia virtual tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, karena harga dari alat karton ini sangat terjangkau. Untuk dapat menggunakan Google Cardboard, smartphone kita harus mendukung sensor gyroscope, karena sensor ini yang berperan penting. Selain itu, kita juga membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk merasakan pengalaman di dunia virtual. Dan berikut 7 apilikasi dan game VR pilihan :

CARDBOARD

Google merekomendasikan Anda yang baru saja membeli perangkat Google Cardboard untuk merasakan pengalaman di dunia virtual. Ketika Anda sudah menginstal game ini, Anda akan diminta untuk memindai kode QR yang ada di perangkat Google Cardboard. Meski terbuat dari kardus, namun ternyata perangkat ini memberikan pengalaman yang tak kalah seru.

Pada aplikasi Carboard, Anda akan diajak ke tempat-tempat menarik di bumi. Selain itu, Anda juga bisa melihat video dengan mode VR dan masih banyak yang lainnya. Namun banyak orang yang berkomentar, bahwa aplikasi ini cukup membosankan. Namun tidak ada salahnya mencoba karena aplikasi ini sendiri dapat diunduh secara gratis.

Caaaaardboard!
Ini merupakan salah satu game VR terbaik untuk perangkat mobile yang khususnya menggunakan Google Cardboard sebagai headset VR. Game yang merupakan versi custom dari game AaaaaAAaaaAAAaaAAAAaAAAAA!!! ini juga menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Game yang berada dibawah pengembang Dejobaan Games ini menampilkan efek grafis yang cukup memukau. Ukuranya yang tidak terlalu besar juga menjadi nilai lebih, namun Anda harus membayar untuk dapat menginstal game ini di smartphone Anda.

Insidious VR

Anda penggemar film horor Insidious? Ya, perangkat VR memang asik karena memuat banyak genre, salah satunya adalah aplikasi ini yang membawa Anda ke dunia virtual horor yang mencekam. Efek grafis, dan kualitas audio saat menggunakan earphone sangat mengesankan. Beberapa scene dari film pendek ini ada yang membuat kaget karena hantu yang muncul tiba-tiba.

Beberapa pengguna yang telah mencoba apliaksi ini menuliskan komentar yang menyatakan aplikasi ini cukup membuat jantung hampir copot dan membuat bulu kudu merinding. Menariknya, aplikasi ini tersedia secara gratis, dan sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali unduhan.

Titan of Space

Menilik dari namanya, Anda pasti sudah menduga jika aplikasi VR ini berhubungan dengan langit, tata surya, galaksi dan semua benda yang ada di luar angkasa. Ya, aplikasi Titan of Space ini memang mengajak kita untuk tur di luar angkasa dengan mengenalkan kepada kita tentang letak tata surya dan benda-benda angkasa luar.

Aplikasi ini juga menampilkan grafis visual yang menarik, sehingga betah beralama-lama menontonnya. Selain itu, aplikasi ini juga sangat cocok untuk sarana edukasi bagi anak-anak untuk memperkenalkan tentang luar angkasa dan sistem tata surya.

VRSE

Aplikasi yang masuk kedalam aplikasi VR terbaik untuk Google Cardboard ini akan mengajak kita melihat pemandangan-pemandangan yang sangat menakjubkan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa film atau scene yang bisa kita unduh di dalam aplikasi.

Grafis visual yang ditampilkan aplikasi ini sangat baik, khususnya untuk sekelas Google Cardboard yang notabene sangat sederhana karena terbuat dari kardus. Menariknya, aplikasi ini tersedia secara cuma-cuma dan telah diunduh lebih dari 500 ribu unduhan.

WAA! VR

WAA! VR adalah game VR yang cukup mengesankan dari segi gameplay maupun tampilan grafis visualnya. Aplikasi seharga 15 ribu Rupiah ini mengajak kita untuk menjadi astronot di luar angkasa. Game ini membutuhkan kecermatan dan fokus yang tinggi untuk dapat mengendalikan permainan.

Game yang cukup seru ini dapat dimainkan di segala usia, termasuk anak-anak karena game ini juga membawa pesan edukasi.

YouTube
YouTube! Ya, siapa yang tak mengenal YouTube, layanan streaming video secara gratis ini memang sangat populer sekali di kalangan orang dewasa maupun anak-anak yang menonton film kartun dari layanan ini. Namun taukah Anda jika YouTube versi mobile juga mendukung Google Cardboard?

Ya, aplikasi ini telah menyematkan fitur VR-Enabled yang memungkinkan Anda untuk menonton streaming video yang lebih realistis. Selain itu, YouTube juga menyediakan layanan tur dan hal-hal umum lainnya. Tentunya, aplikasi yang berada di bahwa payung Google ini dapat diunduh secara gratis.


Source : beritateknologi.com