Tuesday, 26 January 2016

Di Batam, Indomaret dan Alfamart, Akur berdampingan

Pengunjung sepi, Walau pengunjung sepi, kedua mini market di Kabil Batam  ini, tampak akur berdampingan.

Batam, Dinamika Kepri-Pusat belanja mini Indomaret dan Alfamart di kota Batam, terlihat menjamur bak cendawan di musim hujan. Selain menjamur, keberadaan maret-maret ini juga dituding telah mamatikan usaha mikro bagi para pedagang kecil rumahan. Pasalnya selain buka 24 jam, jaraknya juga begitu dekat dengan pemukiman warga.

Indomaret dan Alfamart ini sepertinya memiliki konsep yang berbeda dari pusat Belanja lainnya. Mereka bukan seperti  Hyper Mart, Matahari, Robinson dan Ramayana yang hanya dapat ditemukan dipusat kota.

Indomaret dan Alfamart ternyata bukan hanya ada di pusat kota saja, ditempat sepi sekalipun yang sedikit jumlah penduduknya, mereka berani menggelar usahanya. kesanya seperti hendak merintis.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, Indomaret dan Alfamaret yang beralamat di Kavling di Bumi perkemahan Kabil Punggur ini, Senin (25/1/2016), tampak kompak berendengan. Padahal pengunjungnya untuk setiap hari terbilang sangat sepi, bahkan bisa dihitung dengan hitungan jari.  Namun walau demikian kondisinya, kedua mini market yang sudah beroperasi sekitar setahun di Kabil ini, dapat bertahan.

Maraknya pertumbuhan mini market di Batam akhirnya membuat Wakil walikota Batam gerah.  pada Rabu (20/1/2016) lalu, Ia melakukan sidak mendadak ke kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Gedung Sumatera. Dalam sidaknya Rudi meminta untuk perizinan usaha Indomaret dan Alfamart, dihentikan.

" Untuk perizinan Alfamart dan Indomaret, mohon penerbitan perizinan baru, distop dan jangan diperpanjang lagi." Perintah Rudi kepada pegawai yang membidanginya di Gedung Sumatera, Batam Center.

Ternyata selain di Kota Batam,  seperti pada kota lain pada umumnya,  Walikota Padang juga secara tegas melarang mini market Alfamart, Indomaret dan sejenis membuka bisnisnya di kota Padang. Ternyata larang itu juga mendapat apresiasi dari warga Padang, Sumatera Barat . (Ag)

Editor : Agus Budi T