Tuesday, 22 December 2015

Inilah Daftar nama-nama kru awak MV Thorco Cloud V2FU6 yang tenggelam di OPL Batam-Singapura

MV Thorco Cloud V2FU6 Thorco Cloud.

Batam, Dinamika Kepri - Sebelumnya, Maritim dan Otoritas Pelabuhan Singapura (MPA) dalam sebuah rilisnya mengatakan bahwa kapal tanker kimia, Stolt Komitmen dan kapal general cargo serbaguna Thorco Cloud yang mana telah bertabrakan di jalur lalu lintas tersibuk(OPL), dimana salah satu kapal  yang tertabrak itu sedang menuju ke timur dari Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Singapura pada tanggal 16 Desember 2015 lalu pada jam 20:30 waktu Singapura.

Dalam Insiden itu, MV Thorco Cloud V2FU6 Thorco Cloud yang dimiliki oleh Thorco Shipping ini, tenggelam di perairan Indonesia 6 mil laut (11 km) sebelah utara-barat jarak dari Batam. Sedangkan Stolt-Nielsen tanker yang mengangkut bahan kimia itu hanya mengalami kerusakan ringan serta dalam kondisi stabil.

Setelah kejadian itu, pihak MPA mengerahkan dua kapal patroli untuk operasi pencarian dan penyelamatan, sementara Polisi Coast Guard Singapura kerahkan lima kapal, dan lima dari 12 anggota awak  Thorco Cloud diselamatkannamun enam anggota awaknya yang  masih hilang. 

Bahkan Pihak berwenang Indonesia juga telah melakukan pencarian dan operasi penyelamatan terhadap kapal yang tenggelam, kendati demikian pihak MPA memperingatkan pihak berwenang Indonesia agar tidak mengganggu jalur lalu lintas perkapalan di Selat Singapura, Kendati demikian pihak MPA juga meminta bantuan Indonesia agar melaporkan jika menemukan dari kru yang hilang. 

Thomas Mikkelsen, CEO Thorco Shipping, mengatakan bahwa kapal itu datang dari Jepang dan hendak menjutkan perjalanan ke barat Afrika sebelum menyeberang ke Brasil. 

Inilah Daftar nama (ABK) awak Mv. Thorco Cloud  sebagai berikut :
Adobo Rodulfo Demate, Cabalhin Yeremia Orcajada, Gabay Nino Reandilar, Kovalenko Vladyslav, Lunjas Fransisco.Panginahug Isagane Rentucan, Paquibot Paul John Aton, Petrovsky Volodymyr, Sanchez Frederic, Solis Arniel Lauron, Sumaculub Jose Myrvin Delos Santos dan Tagle Willy Pingoy.


Spesifik Kapal. 
Name: THORCO CLOUD
Call Sign: V2FU6
IMO :
9290050
MMSI: 305800000
Type: GENERAL CARGO
Gross Tonnage: 7813
Summer DWT: 10385 t
Year Build: 2004
Length × Breadth: 45.63m × 18.36m
Flag: ANTIGUA & BARBUDA
Home port: SAINT JOHN'S.


Dan pada hari Selasa, (22/12/2015), Satu korban dari  MV Thorco Cloud V2FU6 ditemukan  dimana setelah petugas dari Dinas Perhubungan Laut Batam yang sedang berpatroli  yang menggunakan kapal bernomor lambung KNP 330 siang tadi menemukan satu jenazah berjenis kelamin laki-laki yang diduga adalah sebagai kapten Kapal dimana saat ditemukan petugas kondisi mayat sedang mengapung dengan jarak 2 mil dari lokasi kejadian tenggelamnya kapal. 

Kini jenazah korban telah berada di rumah  sakit BP Batam, Sekupang Batam, untuk keperluan Identifikasi, dan mengapa dibawa mayat korban Ke Batam (Indonesia ) diduga karena mayat itu ditemukan di perairan Indonesia. (Ag)

Editor : Agus Budi T