Saturday, 19 December 2015

Indonesia-Hong Kong, Sepakati Tingkatkan Kerjasama Bidang Pendidikan

Jakarta, Dinamika Kepri- Pemerintah Indonesia dan Otoritas Hong Kong sepakat untuk mempererat kerjasama di bidang pendidikan. Nota kesepahaman tentang peningkatan kerjasama pendidikan tersebut ditandatangani di kantor Kemendikbud Jakarta, Rabu (16/12/2015). Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Didik Suhardi menandatangani nota kesepahaman tersebut mewakili pemerintah Indonesia bersama dengan Under Secretary for Education of Hong Kong Special Administrative Region (SAR) of the People’s Republic of China, Kevin Yeung Yun Hung.

Sebagai langkah awal, dalam komitmen kerjasama tersebut Pemerintah Otoritas Hong Kong akan memberikan beasiswa bagi 10 orang pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi S1 di Hong Kong pada tahun pelajaran 2016/2017. Beasiswa tersebut akan diberikan kepada pelajar dari keluarga miskin. Diharapkan dari tahun ke tahun, jumlah penerima beasiswa akan terus ditingkatkan.

Disiplin ilmu yang dapat diambil pelajar Indonesia pada program beasiswa tersebut telah disepakati oleh Chief Executive Hong Kong dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. Disiplin ilmu tersebut terdiri dari: desain;  teknologi,  serta  bisnis dan manajemen.

Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi menyambut baik peningkatan kerjasama pendidikan antara Pemerintah Indonesia dan Otoritas Hong Kong tersebut. Didik berharap kerjasama pendidikan terus ditingkatkan untuk peningkatan kualitas pendidikan kedua belah pihak.

Under Secretary for Education of Hong Kong Kevin Yeung Yun Hung dalam kesempatan tersebut memuji prestasi pelajar Indonesia di Hong Kong. "Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun prestasi pelajar Indoensia sangat memuaskan," kata Kevin. Dirinya berharap jumlah pelajar Indonesia di Hong Kong dapat meningkat dan prestasi akademik pelajar Indonesia yang selama ini sudah baik dapat ditingkatkan. (Nur Widiyanto)