Sunday, 13 December 2015

553 Anggota Tim Nusantara Sehat 2, Menuju Tempat Tugasnya

Dinamika Kepri - Sebanyak 553 anggota Tim Nusantara Sehat (NS) berangsung-angsur meninggalkan Jakarta, mulai hari ini hingga lusa menuju tempat tugas di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan. Mereka akan ditempatkan di 100 Puskesmas di 14 Provinsi, dari Aceh hingga Papua.

Mereka akan bertugas selama 2 tahun di pelosok NKRI untuk memberikan pelayanan kesehatan primer mencakup preventif, promotif, dan kuratif dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat di daerah tersebut.

Sebelum dilepas di tempat tugas, Tim NS telah mengikuti rangkaian seleksi, pelatihan dan pembekalan untuk menumbuhkan sikap disiplin, loyalitas, dedikasi, jiwa korsa, dan semangat pantang menyerah di tempat tugasnya dalam memberikan pelayanan kesehatan paripurna.

Tim NS melibatkan 5 sampai 9 tenaga kesehatan. Mereka terdiri dari: dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

Kemarin (6/12), Wapres Jusuf Kalla didampingi Menkes secara simbolis telah melepas  Tim NS pada puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional ke 51, di Monas. Pelepasan ditandai dengan jalan sehat bersama mulai dari Monas menuju bundaran HI kembali ke Monas.

Source :depkes.go.id