Saturday, 14 November 2015

Yamaha ciptakan Motobot, Robot yang mampu mengendarai motor

Dinamika Kepri-Yamaha kembali menciptakan sebuah robot humanoid, robot baru ini dirancang untuk meniru prilaku manusia saat  mengendarai sepeda motor. Motobot ini juga disebut mampu memutar throttle dengan cepat layaknya seperti manusia.

Meskipun robot tersebut belum begitu sempurna, Namun robot ciptaan Yamaha ini, dapat menjalankan motor dengan kecepatan 120 mil per jam di arena pacuan. Untuk saat ini,  Motobot masih berjalan masih memakai penyanggah roda. dimana kegunaannya untuk menjaga keseimbangan dan menghindari jatuhnya.

Seperti yang dilansir oleh digitaltrends.com, pada 2 Nov 2015 lalu menuliskan, bahwa Robot ini dirancang untuk meniru semua proses fisik pengendara manusia, Yamaha berharap Motobot akan membantu protokol track keselamatan dan sistem pendukungnya. dimana sebelumnya mereka telah mengeluarkan rilis motor baru dan fitur yang lebih memiliki kekuatan.

Motobot fitur enam aktuator yang memungkinkan untuk mengontrol sepeda motor dengan cara yang sangat mirip dengan bagaimana seorang pengendara manusia. Motobot ini mampu mengontrol kemudi dan melakukan throttling, menggunakan rem depan dan belakang, kopling, maupun menekan pedal perpindahan gigi.

Selain eksterior humanoid nya, Motobot berjalan pada sistem data analisis internal yang memproses informasi dari sensor pada robot dan sepeda motor. Maka dari data itu, Motobot dapat mengarahkan secara proporsional dengan kecepatan mesin.

Rencana jangka panjangnya, pihak Yamaha  akan menunjukkan bahwa versi masa depan nantinya akan dilengkapi dengan kemampuan Motobotnya dengan melakukan sistem artifisial yang cerdas. Motobot ini juga akan dapat menyelesaikan race tracks yang akan lebih rumit dibanding seperti yang dilakukan oleh manusia.

Meskipun Yamaha berfokus pada fitur keselamatan dan tontonan, namun untuk saat ini, pihak Yamaha tidak menjadi malu dengan aspirasi balap Motobot ini. Bahkan dalam promosi Motobot ini, Perusahaan juga telah memanggil legenda balap Valentino Rossi unutk mengujinya, unutk membuktikan bahwa kemampuan dari Motobot, dapat berlomba layaknya seperti manusia. (Ag)

Editor : Agus Budi T