Wednesday, 4 November 2015

Google bantah akan "Membunuh" Chrome OS

Dinamika Kepri- Pada tanggal 30/10/2015, Wall Street Journal mewartakan kalau Alphabet (induk perusahaan Google) bersiap melebur Chrome OS ke dalam sistem operasi Android. Namun melalui blog resminya, kemarin (2/11/2015) Google membantah kalau mereka akan "membunuh" Chrome OS.

Bantahan ini disampaikan oleh Hiroshi Lockheimer, Wakil Presiden Senior Android, Chrome OS dan Chromecast. Ia menuliskan, "Kami memang sedang mencari cara untuk menghasilkan yang terbaik dari kedua sistem operasi, namun tidak ada rencana untuk menghentikan perkembangan Chrome OS."

Lockheimer mengatakan bahwa Chrome OS masih digunakan banyak orang, terutama untuk tujuan pendidikan. "Setiap hari sekolah, 30 ribu Chromebook aktif di ruangan kelas di Amerika Serikat, jauh lebih banyak dari gawai edukasi lainnya."

Ia juga membocorkan kalau dalam beberapa pekan ke depan, Asus akan meluncurkan Chromebit, sebuah gawai berbentuk dongle HDMI yang memungkinkan layar monitor atau televisi menjadi komputer dengan Chrome OS.

Dalam post tersebut Google juga menekankan komitmennya untuk perputaran pembaruan perangkat lunak tiap 6 minggu dan pembaruan otomatis hingga 5 tahun. Mengenai Chromebook sendiri, tahun depan akan ada lusinan Chromebook baru.

Chrome OS merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang Google untuk bekerja melalui aplikasi web dan aplikasi ter-install. Berbeda dengan Android, Chrome OS ditujukan untuk laptop, seperti Chromebook yang ditujukan untuk tugas-tugas ringan. Namun gawai dengan Chrome OS tetap menjadi niche, dikarenakan tablet lebih populer untuk sekedar komputasi ringan atau untuk sekedar bersenang-senang.

Source : beritagar.id