Wednesday, 18 November 2015

Di PN Batam, 80 persen sidang yang digelar, Semuanya ditunda

ilustrasi
Batam, Dinamika Kepri- Sidang yang dilakukan oleh Jaksa dan Hakim terhadap para terdakwa di Pengadilan Negeri Batam Pada Selasa, 17/11/2015), Pqantuan media ini, sidangnya terlihat banyak yang ditunda.

Hampir dari semua terdakwa yang dihadirkan terlihat tampak kecewa, sebab kelengkapan, berkas maupun alat pendukung lainnya tidak memenuhi syarat untuk persidangan dilanjutkan, akibatnya banyak sidang yang ditunda Hakim saat itu.

Banyaknya sidang yang ditunda tersebut, akhirnya membuat Hakim bertanya kepada seorang jaksa tentang perihal kesiapannya sebelum sidang di jadwalkan. Namun Jaksa penuntut yang tengah bertugas saat itu menjawab berbagai alasan untuk menyakinkan Majelis Hakim.

Dari sekian banyaknya Tahanan yang dibawa ke PN itu, ternyata tidak semua sidang berjalan sesuai harapan para terdakwa. hampir 80 persennya sidang yang digelar ditunda ke minggu depan.  

Diduga kesiapan para Jaksa di Kajari Batam, sudah kurang maksimal dalam bertugas, hingga membuat banyak sidang yang harus tertunda. Ada dugaan kalau semua itu berakibat dari kurangnya profesional kinerja Para Jaksa yang ada di Kejari Batam. 

Terlihat pada sidang hari selasa (17/11/2015), di PN Batam, Kesannya seperti menggelar sidang yang tidak serius. atau hanya seperti seremonial saja. 

Ilustrasi di PN itu terlihat, terdakwa masuk ruang sidang, nama dipanggil, gari dibuka lalu dipersilakan duduk di kursi terdakwa, lalu tidak lama, 2 menit kemudian, palu diketuk Hakim. katanya, sidang ini ditunda sampai minggu depan.

" Sidang ini ditunda sampai minggu depan, dan anda tetap ditahan". Ucap Hakim kepada para terdakwa di setiap sidang yang digelar. Dan begitulah prosesnya hingga waktu sidang di pengadilan tersebut berakhir hari itu . (Ag)

Editor : Agus Budi T