Thursday, 26 November 2015

Berbagi kisah, On Dugem, Nyaris menghancurkan biduk rumah tanggaku

Dinamika Kepri - Surat dari Pembaca, Kenalkan nama saya beranisial AB, saya adalah seorang pria yang sudah berumur 35 Tahun yang sudah berumah tangga dan memiliki dua anak perempuan dan laki-laki.

Saya adalah seorang penulis (wartawan=red) disalah satu media lokal di Batam, waktu dan keseharian ku habiskan focus menulis segala sesuatu apa yang saya lihat dan aku ketahui.

Sebelumnya aku tidak pernah mengenal yang namanya  dunia malam. Kendati aku mengetahuinya namun tidak pernah sedikit pun terpikir untuk mencobanya.

Dari mulai sejak  aku lajang hingga menikah dan memiliki 2 anak, nyaris aku tidak pernah tertarik yang namanya melakukan “On Dugem”. Seperti yang orang lain lakukan.

Namun pada Tahun 2014 lalu, aku terjurumus kelembah nista itu setelah aku dengan tidak sengaja mengenal seseorang  pria yang hobby menikmati  dan mengonsumsi obat-obat terlarang itu. bahkan aku jadi lebih parah dari orang mengajak itu.

Dia mungkin hanya melakukannya ketika dimalam hari, namun aku hampir tidak mengenal waktu, Bahkan yang paling ektreemnya lagi aku pernah On Dugem sampai 24 jam dengan seorang wanita yang baru aku kenal disalah satu Diskotiq di Bilangan Nagoya Batam, Kepri

Dari Vip ke Vip aku singgahi saat itu, apalagi wanita yang baru aku kenal itu sama gilanya seperti aku, lengkaplah sudah, saat itu waktu habis tidak terasa, hingga pulangnya jam 9 malam. Bahkan anak dan istri yang setia menunggu di rumah tidak pernah terpikirkan.  

Awalnya aku takut untuk menenggak Pil setan yang dimaksud, Setiap  teman yang baru aku kenal itu memberikannya Pil setan itu kepadaku, aku kerap membuangnya kebalik sofa yang ada di Vip. Terkadang aku sering berbohong, aku pura-pura minum air banyak-banyak  menandakan kalau aku sudah menelannya, aku katakan kalau aku sudah menenggaknya. Padahal tidak

Namun menyikapi hal itu, aku menjadi merasa bersalah padanya karena aku telah membohonginya. Aku tahu kalau Pil setan itu di belinya dengan harga yang mahal.

Orang lain mungkin akan melakukan apapun untuk mendapatkan pil setan tersebut. Tetapi aku tidak, aku malah membuangnya begitu saja .

Aku takut, sebab selama aku ketahui saja, sudah banyak korban mati akibat over dosis. Bahkan sebagian dari para korban itu ada yang saya tulis beritanya.

Setelah itu, suatu hari  aku diajaknya kembali kediskotiq yang sama. Saat itu aku benar-benar tidak mau membohonginya. Aku memang tidak pernah di paksanya untuk mengonsumsinya. Namun demi menjaga rasa persahabatan, menghargai, terpaksa aku harus melakukannya malam itu. Namun aku berlahan  melakukannya. Pertama tenggak  ¼ , setelah waktu lalu 30 menit, aku tenggak lagi ¼ lagi.  akhirnya malam itu masuk 1 butir. bayangkan untuk pemula bisa masuk 1 butir.

Akhirnya pada awal malam pertama itu, perasaanku seperti orang gila. aku berjoget ria, geleng-geleng kepala seperti kena penyakit ayan. rasaku saat itu, aku seperti terbang diawang-awang. Bahkan aku sempat ilusi seketika. Walau sesekali sempat tersadar. Semua orang yang kulihat malam itu semua bergoyang  tak beraturan mengikuti irama musik yang diramu DJ malam itu.

Malam itu aku merasa begitu heppy semuanya plong lewat begitu saja . Rasanya obat yang telah ku tenggak tidak bersisa efek apa-apa, namun aku tidak sadar kalau efeknya jadi kecanduan, selain itu, aku juga tidak sadar kalau malam itu adalah malam awal dari kehancuran hidupku.

Sejak dari  itu aku mulai ketagihan dan ingin selalu mencobanya, hampir tidak kenal waktu. Baik siang ataupun malam aku selalu melakukannya. Ditambah lagi wanita yang aku kenal di diskotiq itu merasa di cintai, lengkaplah sudah. Tidak terhitung berapa uang yang aku habiskan ketika bersamanya.

Setahun lebih hidupku diluar kontrol istriku, aku bebas melakukannya. ketika istriku menanyakan aku hendak pergi kemana, aku sering beralasan, berbohong. Aku kerap membohongi istriku dengan alasan kalau aku mau liputan keluar daerah, padahal tidak. Dan yang paling tragisnya, kami sempat nyaris bercerai setelah istriku mengetahui kelakuanku yang sebenarnya.

Apalagi aku ketahuan ada hubungan wanita malam tersebut. tidak bisa aku bayangkan betapa hancurnya hati dan perasaan istriku saat itu. namun hanya sesaat itu aku memikirkan rasa kasihan itu, dimana setiap malamnya aku ingin selalu Dugem (Duduk gemetar) bersama wanita malam itu.

Terkadang waktu diamku, aku terpikir akan sikap cuekku kepada kedua anakku. Aku kasihan kepada mereka.  Mau beli ini beli itu, aku sering mengabaikannya. Padahal untuk heppy-heppy, banyak uang yang aku hamburkan dengan percuma.

Setahun lebih aku terperangkap dalam kecanduan PIL setan itu. gigiku hancur, bahkan bibirku juga sering bengkak pecah-pecah seperti sariawan karena pengaruh obat aku telan.

Akibatnya aku tidak bisa makan, akhirnya aku jatuh sakit. Badankan juga terasa ngedrop, ketahanan fisikku juga berkurang. Daya pikirku mulai melambat. Daya ingatku berkurang. Bahkan aku jadi sering kelupaan alias pikun.

Namun ada untungnya juga, sebab selama setahun itu, aku tidak pernah terbentur  dengan hukum, bahkan aku juga merasa sangat heran dan bertanya-tanya dalam hatiku, mengapa PIl setan itu begitu gampangnya di dapatkan oleh semua pembeli.

Dan memang bukan rahasia lagi, yang namanya pil Ekstasi (Pil Setan), itu sangat mudah di dapatkan di seluruh diskotiq yang ada di Batam, tentunya yang penting ada uangnya, tinggal pilih apa merek obatnya, Tinggal pesan sama BDnya tuh obat mau diarahkan kemana, ke heppy atau ke sangek. tinggal bilang, BD akan meresepnya.

PIL setan tersebut  begitu  gampangnya di dapatkan. Tidak tahu mengapa bisa demikian, namun itulah yang terjadi. Tetapi itu bukan urusan saya, lantaklah...

Sudah 9 bulan ini sudah aku berhenti  dengan hal-hal seperti itu dan meninggalkannya total. Aku tidak mau lagi. Aku trauma dengan apa yang sudah terjadi. Begitu banyak uang tabunganku yang sudah aku habiskan untuk itu. semua habis percuma.

Beli sepeda anak tidak bisa, namun membeli  ekstasi bisa. Jika dipikir-pikir dengan seksama. Ternyata  yang aku lakukan adalah tindakan yang sungguh terlalu. Semua yang aku lakukan itu sangat tidak masuk akal bagiku.

Kini aku mulai bangkit dari keterpurukanku. Aku berusaha menahan diri agar aku tidak terjerumus lagi. Awal untuk menghentikannya memang sulit. Namun aku tetap berusaha. Biasanya rasa kepingin itu datangnya pada malam hari, apalagi malam Ladys (malam Jumat=red) dan malam minggu, pastinya rasa kepingin itu memang sangat kuat. Namun aku tetap berusaha  menahannya dengan melakukan kesibukan dengan kegiatan lain.seperti menulis Novel, Cerpen maupun membuat status lucu-lucuan di Facebook. tujuannya agar tidak kepikiran lagi.

Kini aku sudah tidak tertarik lagi, Terkadang jika ada orang atau teman yang meneringatinya, aku bisa mual sendiri  kepingin muntah jika mendengarkan kata-kata heppy di diskotiq dari mereka. Maaf itu bukan karena aku merasa sombong. Rasa itu reflex terjadi mungkin karena akibat  dari  trauma yang aku rasakan sebelumnya.

Walau demikian, dalam hal ini aku tidak menyalahkan siapa-siapa, bahkan orang yang pertama kali memberikan pil setan itu kepadaku. Aku tidak pernah menyalahkannya. aku menyikapi bahwa semua yang terjadi dalam hidupku ini, aku anggap sebagai pengalaman dan proses perjalanan hidup yang harus dilalui.

Orang bijak mengatakan,” Hanya manusia yang beruntung yang dapat merasakan semua realita hidup”. bagiku itu memang benar, namun alangkah lebih baiknya jika hal itu tidak pernah dilakukan oleh siapaun. selain dapat menghancur diri, juga dapat menyakiti perasaan orang-orang terdekat kita sendiri, seperti  anak dan istri.

Bagi pembaca yang budiman, maaf, di dalam artikel ini, saya  sengaja menuliskan pengalaman ini untuk berbagi kisah hidup untuk anda, kiranya hal tersebut tidak terjadi pada anda,  Harapku anda ataupun para kerabat anda, jangan pernah mencoba-coba ingin melakukannya. Resikonya sangat tinggi. Ada 3 resiko jika kita terjerumus dalam kecanduan penggunaan narkoba, antara lain yang saya ketahui  yaitu :

1.Kematian
2.Penjara
3.Keturunan akan mengalami IQ jongkok kelak.

Di poin nomor 1 dan 2 mungkin banyak orang yang terlepas, Namun walau kita selamat dari kedua poin tersebut, masih ada poin ke 3 yang masih menunggu.

Yang masih pria lajang, pastinya sesudah menikah nanti, kelak para keturunannya  akan terlahir dengan cacat mental, terbelakang atau sering disebut idiot atau IQ jongkok, kenapa bisa terjadi demikian?. Jelas itu adalah dampak dari racun-racun narkoba yang dikonsumsi selama ini, dimana za-zat racun yang terkadung di dalam obat itu akan masuk ke sel darah penggunanya dan akan mendarah daging, masuk ke tulang sumsum hingga bercampur dengan hormon kita.

Saya bukan dokter. namun itulah efek ke depannya. Beda dengan wanita muda. jika Ia sering menggunakannya. Jangan harap anda wanita itu bisa hamil, racun-racun yang terkandung dalam Narkoba itu akan merusak rahimnya.

Nah,  jika anda tidak ingin melihat keturunan anda mengalami hal demikian, harapku jangan pernah melakukannya. Jauhkan Narkoba dari hidup anda. terutama bagi wanita. Cukuplah aku yang sudah mengalaminya. Sakit Guys..Please deh..!!

Bagaimanapun tidak ada manusia yang rela melihat keturunannya menderita akibat prilaku orang tua, yang bejat dimasa mudanya.

Maaf jika tulisan ini seperti menggurui anda. Itu hak anda bagaimana untuk menyikapinya. Kendati anggapan anda seperti demikian, tentunya saya hanya menyampaikan sesuai faktanya, itu tergantung anda bagaimana menilainya. Dan jika anda tidak percaya, anda bisa mencobanya. Maaf saya tidak menyuruh, mengarahkan, ataupun menganjurkan anda untuk melakukannya.

Semua itu terserah anda. sebab hidup anda, andalah yang menjalaninya, bukan saya ataupun orang lain, pastinya anda sendiri. Ingat hidup sehat lebih berharga dari pada segalanya, sama dengan kebalikannya, hidup sakit kepingin sehat, bayarnya juga berharga. sama-sama berharga. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Salam hidup sehat dari saya untuk anda. Terimakasih, Semoga bermamfaat..(Ag)

Editor : Agus Budi T