Monday, 12 October 2015

Ketua umum pusat Perindo, Hary Tanoesudibjo : PHK bukan terjadi di Batam saja, Tetapi ada dimana-mana

Batam, Dinamika Kepri - Dalam acara usai pelantikan pengurus baru di tubuh Partai Indonesia (Perindo) DPW Kepri pada hari Senin (12/10) di Golden Prown, Bengkong Laut Batam, Kepulauan Riau, Menjawab pertanyaan media Ia mengatakan, bahwa saat ini pemutusan hubungan kerja (PHK) memang terjadi dimana-mana.

" Memang dari kondisi ekonomi saat ini ya memang begitu. jadi PHK bukan hanya terjadi terjadi di Batam saja, diJawa juga demikian, PHK ada dimana-mana, jadi inilah tugas pemerintas daerah dan pusat bagaimana mengupayakan agar kondisi ekonomi saat ini, bisa baik kembali," Ucapnya menanggapi situasi banyaknya PHK yang terjadi di Batam saat ini.

Di Batam sendiri terlihat begitu banyak perusahaan yang telah menggulung tikarnya, selain industri elektronik, industri galangan kapal juga demikian contohnya seperti salah satu galagan yang ada di sekupang, kini terlihat tida ada aktivitas lagi.

Ditambah lagi para buruh di Batam kerap melakukan aksi demontrasi, lengkaplah sudah, akibatnya membuat para pengusaha itu memilih kabur ke negara tetangga seperti ke negara Vietnam. 

Salah satu contoh seperti perusahaan yang memperkerjakan 3000 orang yaitu perusahaan Sankyo milik Jepang yang dahulunya di gawangi PT  Tanjung Harapan Sentra Nusa yang beralamat di Kawasan Industri Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. 

Kini perusahaan tersebut, telah hengkang habis-habisan dari Batam, bahkan bukan dari Batam saja, Cabangnya  Sankyo yang ada di Bandung, juga ikut hijrah ke Vietnam, Kata  Heri Maulana selaku Pimpinan dari PT.Tanjung Harapan Sentra Nusa kepada wartawan ini pada 13 Oktober 2014 yang lalu. 

Ternyata jika dikaitkan dengan masalah ekonomi saat ini seperti yang dikatakannya, sepertinya tidak begitu menyambung, pasalnya sebelum terjadinya lemah ekonomi seperti yang dimaksudkannya, sebelumnya juga, sudah banyak perusahaan memilih hengkang di Batam. (Ag)

Editor : Agus Budi T