Saturday, 10 October 2015

Ketahui, Inilah 2 kasus limbah yang sudah senyap ditangan Bapedalda kota Batam




PT. Passion Plastic, Tampak limbah cairnya dibuang melalui selokan depan perusahaan.





Tampak limbah sengaja ditimbun salah satu perusahaan di tengah Hutan di Kabil, Punggur.

Batam, Dinamika Kepri- Minimnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak Badan penanggulangnan Dampak Linkungan Daerah (Bapedalda) kota Batam terhadap dampak lingkungan saat ini, tentunya membuat para pengusaha yang memiliki limbah berjenis B3 telah sangat mudah leluasa bersipikulasi membuang limbahnya ke sembarang tempat. tidak tahu mengapa demikian, namun itulah yang terjadi di Batam saat ini.

Kendati sebagaian ada yang ditangani Bapedalda, namun prosesnya tidak berjalan sebagaimana mestinya, kasusnya malah senyap begitu saja, tidak ada sangsi hukum bagi pelanggarnya, berjalan mulus. Diduga para oknum pejabat Bapedalda Kota Batam, lebih kerap melakukan damai ditempat ketimbang menjalankan penegasan hukumnya.

Pantauan awak media ini, ada 2 kasus limbah  perusahaan yang hingga saat ini tidak ada endingnya, PT , Passion Plastic (Klik baca beritanya), satu lagi Perusahaan yang sengaja menimbun Limbah B3 di hutan Kabil, Punggur, (Klik baca beritanya ) sampai saat ini tidak ada prosesnya. 

Sebelumnya gudang penampung besi tua yang  berhubungan limbah ditengah hutan Kabil yang dimaksud, juga telah di police line oleh Bapedalda Batam, namun entah mengapa, setelah 3 hari dari penyegelan, police line itu terbuka, dan Gudang penampung besi tua itu terlihat sudah beroperasi seperti biasa.

Terkait hal police line yang sudah terbuka tersebut, sebelumnya juga, awak media sudah ini pernah mempertanyakannya kepada kepala Bapedalda Batam, Ir Dendi Purnomo, Namun tidak ada jawaban.

Begitu juga dengan kasus PT. Passion Plastic Kabil, dimana di tahun 2014 lalu, perusahaan itu telah  dengan sengaja membuang limbah cairnya ketika hujan melalui parit atau selokan depan perusahaannya. dan sudah hampir setahun berlalu dari sejak kejadian itu, Namun sampai saat ini tidak ada sangsi hukum yang di berikan oleh Bapedalda terhadap PT.Passion Plastic tersebut. 

Padahal salah satu pejabat bagian penindakan dari Bapedalda Batam, diketahui sudah menangani perusahaan tersebut, namun tidak ada sangsi hukum yang diberikan kepada perusahaan itu.

Ketika wartawan ini mempertanyakan hal itu kepada yang bersangkutan (Bagian penindakan=red), katanya masih dalam proses. padahal prosesnya sudah hampir berjalan setahun, tidak ada hasilnya.(Ag)

Editor : Agus Budi T