Monday, 19 October 2015

Alih Fungsi Bangunan di Batam, Ruko Green Land di sulap jadi Hotel, Hanya salah satu contoh dari yang ada

Hotel Green Land, Batam Center
Batam, Dinamika Kepri- Bukan suatu yang hal yang mencengangkan jika di Batam ada istilah alih Fungsi. alih fungsi adalah suatu tindakan pengalihan yang bukan pada tempat dan gunanya, dimana lokasi penempatan Bangunan disebut tidak sesuai pada peruntukannya, maka disebut dialih fungsikan.

Padahal, setiap bangunan yang akan didirikan disetiap tempat, haruslah di sesuaikan aturan dengan konsep tata kota maupun tata ruang.

Kendati sudah ada yang mengaturnya, Namun langkah-langkah dari konsep itu, kerap di kankangi oleh oknum-oknum pejabat dan dijadikan sebagai delik untuk meraup keutungan pribadi dari masyarakat yang menginginkannya.

" Apa yang tidak bisa, semua bisa diatur yang penting ada Uang masuknya (fee)", Terkesan demikianlah dengan istilahnya saat ini.

Seperti yang terlihat di Komplek Green Land, Batam Center, (19/10), ada beberapa Rumah Toko (Ruko) telah di rubah menjadi Hotel. bukan di tempat itu saja, Batu Aji, Jodoh, dan daerah Tanjung Uncang, juga melakukan hal yang sama. dimana Pemerintah Kota Batam diduga telah mengizinkannya alih fungsinya.

Dan yang sangat paling Extreem lagi, di Nagoya Batam di sekitaran Hotel 89, juga ada hotel yang sedang didirikan di Row jalan. Bahkan di Bangunan itu, terlihat ada ditempelkan izin IMB nya. dimana IMB tersebut dikeluarkan oleh Dinas Tata Kota Batam. 

Selain itu, Bagunan hotel yang saat ini  yang tengah sedang pembagunan diatas Row Jalan tersebut, adalah Tugasnya BP Batam yang mengizinkannya. mengapa Hotel dapat di bangun di Row jalan?, Sebaiknya mari sama-sama menyakannya hal itu kepada rumput yang bergoyang. Terkait hal alih fungsi sana-sini harapannya jangan bertanya lagi kepada manusia, sebab manusia itu pandai hanya berkilah untuk menutupi kesalahannya. (Ag)

Editor : Agus Budi T