Saturday, 31 October 2015

Akhirnya, Sikap pencitraan di depan Jokowi. Terbongkar di Palembang

 Jokowi tiba di rumah singgah balita korban asap. ©2015 merdeka.com/irwanto


Dinamika Kepri- Agenda kegiatan Presiden Joko Widodo saat melawat ke Kota Palembang kemarin, Jumat (310/10), membuat banyak pihak kerepotan. Sebab, dia mendadak mengalihkan tujuan.

Rencana awal, Jokowi, sapaan Joko Widodo, dijadwalkan akan mengunjungi SMP 54 Palembang. Namun kegiatan blusukan itu tiba-tiba dialihkan ke tempat lain, yakni rumah singgah khusus bayi korban asap.

Rencana mendadak itu membuat pemerintah setempat kelabakan. Kepanikan pemerintah setempat sangat jelas terlihat. Sebab, lokasi dituju merupakan salah satu pemukiman padat penduduk dan terbilang kumuh. Agar nampak lebih rapi, puluhan petugas kebersihan mendadak diterjunkan buat membersihkan sampah-sampah sepanjang jalan yang bakal dilintasi Jokowi.

Petugas kebersihan juga terlihat buru-buru mengangkut sampah di Sungai Kedukan yang mulai mengering. Alhasil, setelah sempat molor selama satu jam dari jadwal semula, Jokowi pun tiba di rumah singgah balita korban asap, di Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang. Di lokasi, Jokowi beserta istri, Iriana, melihat lokasi dan menyempatkan berbincang dengan warga sekitar 30 menit.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengiringi lawatan Jokowi. Mestinya, Jokowi tiba di lokasi pukul 08.00 WIB. Namun, dia baru sampai di permukiman kumuh itu satu jam kemudian.

Sambil berjalan kaki masuk lorong sekitar 200 meter, Jokowi menyempatkan bersalaman dengan warga menunggu dari tadi. Kemudian, rombongan langsung masuk ke dalam rumah singgah memeriksa fasilitas. Sekitar 15 menit di dalam rumah panggung berbahan kayu itu, mantan wali kota Solo itu meninggalkan lokasi dan bergegas melakukan kunjungan ke Jambi menggunakan helikopter.

Meski demikian, diduga rumah singgah itu cuma sengaja disulap dalam semalam, hanya buat dipamerkan kepada Jokowi.

Source : Merdeka.com