Friday, 18 September 2015

Pelabuhan Batu Ampar sembrawut, Konteiner diletak sembarang tempat

Batam, Dinamika Kepri- Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri),  kini terlihat sembrawut seperti tidak terurus. 

Kotak peti kemas (Konteiner) terlihat diletakan di sembarangan tempat, ada yang diletak dibibir dermaga, bahkan ada juga diletak disisi ruas jalan sekitar pelabuhan. tampak seperti gambar diatas, Foto ini diabadikan pada hari Kamis sore, (17/9/2015).

Bahkan yang paling exstreem lagi, selain salah satu jalan akses pintu keluar dari pelabuhan itu kearah Tanjung Sengkuang, juga terlihat ditutup.

Selain itu, ada isu yang menyebutkan, bahwa tempat-tempat penitipan konteiner disekitar pelabuhan itu, informasinya juga dikelola atau disewa-sewakan secara pribadi, oleh oknum pegawai yang berkompenten disana, kepada pemilik Konteiner. 

Diduga para pemilik konteiner yang tidak memiliki gudang untuk menampung konteinernya hingga harus menitipkannya disekitar areal pelabuhan sebelum diambil maupun sebelum diberangkatkan.



Terkait banyaknya konteiner yang bertumpuk hingga berbulan-bulan disekitar dermaga dipelabuhan Batu Ampar tersebut, beberapa waktu lalu awak media mencoba menghubungi Kodri selaku pegawai Pengelola pelabuhan itu. Kepada awak media ini ia mengatakan, itu bukan wewenangnya, Itu wewenangnya  BP laut , Jawab dia.

" Oh itu bukan wewenang saya, masalah konteiner dan jalan itu, anda bisa tanyakan saja ke Kantor pelabuhan laut BP Laut. karena merekalah yang mengurusi masalah itu. " Tegas Kodri Via celularnya, Sabtu, (5/9/2015) lalu.

Pantauan Media ini, terlihat beberapa konteiner bertumpuk meninggi disekitar dermaga lama, yaitu tepatnya dibelakang PT.Sepatim Batam Tama (SBT), Batu Ampar. selain itu, konteiner juga, ada yang sudah terlihat berakarat diduga karena sudah terlalu lama terparkir disana.(Ag)

Editor : Agus Budi T