Wednesday, 30 September 2015

Akibat diperbudak negri jiran, Dinas sosial Batam pulangkan 11 orang TKI asal Malaysia ke kampung halaman masing-masing

Menunggu keberangkatan, Tampak Para TKI menunggu keberangkatan KM Kelud Tujuan Jakarta di Pelabuhan Beton, Sekupang, Batam. Foto By : Agus Budi T.

Batam, Dinamika Kepri- Sebanyak 10 orang wanita dewasa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Malaysia berserta dan 5 anak Balita pada hari Rabu,(30/9) terlihat telah dipulangkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) kota Batam melalui kapal KM Kelud dengan tujuan Jakarta.

Kendati sebagaian dari mereka (TKI=red) ada yang tujuan Medan, Namun diharuskan melalui Jakarta dahulu, katanya agar pemulangan itu yang ditanggung Dinsos tersebut, terigistrasi di kementerian Dinas Sosial Pusat (Jakarta).

" Memang harus melalui Jakarta dahulu, dimana agar pemulangan ini, dapat teregistrasi di kementerian Dinas Sosial Jakarta.''  Kata Yusuf, S petugas Dinsos kota Batam kepada awak media ini di Pelabuhan Beton Sekupang, Batam, sore tadi.

Pada Tanggal 25/9 yang lalu, TKI tersebut berjumlah 11 orang plus 5 anak Balita, Namun 1 orang diantaranya telah meninggal akibat menderita sakit, dan telah dipulangkan kedaerah asalnya.

Ternyata, ke 11 TKI tersebut adalah korban dari penipuan para majikannya dengan tidak membayar gaji mereka, seorang ibu yang tengah menggendong anaknya kepada media ini membeberkan, selama ia bekerja menjadi pembantu rumah tangga di Negeri Jiran itu, tidak dibayar upahnya.

Terkait hal itu, Yusuf, S membenarkan, katanya mereka rata-rata korban dari majikan yang tidak membayar upahnya, akibat itu mereka tidak tahan dan melaporkannya ke Konsulat RI di Malaysia, maka dari itu, konsulat memulangkan mereka ke Indonesia.(Ag)

Editor : Agus Budi T