Sunday, 2 August 2015

Satreskrim Polresta Barelang, Berhasil ungkap penipuan cek kosong




Batam,Dinamika Kepri-Jajaran Satuan Reserse kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang,
Minggu (2/8),berhasil menangkap empat  orang pelaku sindikat  penipuan cek kosong di kota Batam.

Dari tangan pelaku ,ratusan Handpone dari berbagai merek turut diamankan Polisi.Sementra satu dari kawanan kompolotan ini dinyatakan kabur dari kejaran petugas saat dilakukan penangkapan di sebuah rumah di bilangan Nagoya .

Modus para tersangka ini sengaja membeli Handpone bersekala besar  kepada calon korbannya ,ya itu Distributor Handpone dibeberapa tempat di bilangan Nagoya .Untuk meyakinkan  calon korbannya  mereka sengaja membayarkan secara tunai pertama transaksi hingga  tiga kali.

Namun ,saat hendak bertransaksi berikutnya ,sindikat ini sengaja melakukan  transaksi dengan jumlah yang  sangat besar,Kemudian meminta pembayaran melalui  cek kosong kepada korbannya . 

“Anehnya  para pelaku juga sempat  membuka toko handpone di salah satu pertokan pusat jual beli Handpone di kawasan nagoya , namun setelah  kedok  merek mulai tercium mereka mencoba lari dari Batam ,polisi yang  mendapat laporan dari salah satu korban mereka, langsung langsung melakukan penyergapan disalah satu rumah di kawasan jodoh Nagoya ,Batam.

Namun Saat diamankan, Polisi  menyita ratusan Handphone  berbagai merk mahal, seperti Blacberry 10, Iphone 5,  aksesories hp , uang tunai Rp 11 juta Rupiah dan 500 Us Dollar.

Menurut  Kasatreskrim Polresta Barelang, kerugian yang dialami korban cukup bervariasi, mulai dari ratusan juta  hingga  miliaran rupiah,   sehingga ditotalkan memcapai hampir  8 Miliar.

Dari perbuatan mereka keempat  pelaku ini akan dijerat pasal 372 dan atau 378 juncto 480 juncto 55 KUHP, dengan hukuman lima tahun penjara ,Sementra satu dari komplotan ini menjadi Daftar pencarian Orang (DPO ) Satreskrim Polresta Barelang. ( LN)

Editor : Agus Budi T