Saturday, 29 August 2015

BNN, Dirjen Bea Cukai dan Imigrasi, Berhasil gagalkan ratusan kilogram narkoba jenis sabu, Masuk ke Indonesia

Jakarta, Dinamika Kepri - Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Dirjen Bea Cukai dan Imigrasi mengungkap sindikat penyelundupan narkoba internasional sebanyak 103 kilogram. Tim gabungan itu berhasil mengungkap beberapa kasus penyelundupan dengan tersangka warga negara asing dan Indonesia.

"Sedikitnya terungkap 14 kasus dengan 25 tersangka. Ada 5 warga Nigeria dan 18 warga Indonesia," kata Humas BNN Kombes Slamet Pribadi saat jumpa pers di kantornya, Jumat (28/8).

Ia mengatakan tersangka menjalankan modusnya dengan menerima kiriman paket sabu dari China, Guangzo, Tiongkok, yang diselipkan dalam mesin alat pijat, tas perempuan, mesin sepeda motor, cartridge printer dan mesin genset.

Setelah menerima kiriman paket sejumlah warga negara negro merekrut kurir dari Indonesia. Mereka mengantarkan barang haram tersebut kepada sejumlah pemesan di beberapa daerah di Indonesia.

Dalam pengungkapan kasus penyelundupan dan penjualan narkotika periode Juni sampai Agustus 2015, tim gabungan berhasil mendapatkan barang bukti dalam jumlah besar.

"Total barang yang disita adalah sabu seberat 103.816,4 gram dari seluruh barang bukti yang ditemukan," terangnya.

Para tersangka diancam pidana Pasal 114 ayat (2) junto pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yaitu mengedarkan narkotika golongan dengan ancaman hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara dan denda minimal Rp 1 miliar dan maksimal Rp 10 miliar.

Via : merdeka.com