Thursday, 6 August 2015

Akibat banyaknya perusahaan yang tutup di Batam, Mantan buruh wanita, Kebanyakan pilih jadi PSK

Ilustrasi
Batam,Dinamika Kepri - Siapa yang tidak mengenal Batam, selain berhadapan dengan 3 negara, Batam juga sudah terkenal diseluruh indonesia bahkan di mancan Negara.

Terkenalnya Batam, dimana Batam adalah salah satu tempat eksodusnya atau dunianya para pencari pekerja yang ada di indonesia.

Namun itu dulu.sekarang tidak lagi,perusahaan di Batam sudah banyak yang Hengkang akibat dari situasi Iklim Politik dan situasi nasional yang tidak pasti,membuat para investor memilih kabur berinvest keluar Negeri.

Banyaknya Perusahaan-perusahaan yang gulung tikar, tentunya membuat pengangguran semakin bertambah, apa lagi di Batam, kebanyakan perusahaan mempekerjakan tenaga kerja wanita.

Maka para wanita yang sudah tidak bekerja tersebut, sebagian memilih pekerjaan baru, yaitu menjadi pekerja sex komersial(PSK).alasannya dari pada ngganggur, bisa mati kelaparan.

" Dari pada gannggur mas, mati kelaparan,dengan terpaksa harus memilih pekerjaan ini." ucap seorang wanita yang pernah bekerja di salah satu perusahaan di Batam ini, sedih,Kamis (6/8).

Ternyata selain dirinya,ada banyak wanita lain yang pernah sekerja dengannya melakukan pekerjaan baru (PSK) seperti dirinya,ketika ditanya wartawan ini,mereka juga mengatakan hal sama," dari pada nganggur bang .'' jawab mereka.

Selain mereka,masih ada banyak wanita PSK lainnya,beragam alasan yang membuat mereka terjerumus kelembah kenistaan itu,ada yang beralasan karena himpitan ekonomi keluarga,ada yang ditipu dengan alasan, dahulunya dijanjikan akan diperkerjakan dirumah makan atau di Cafe, namun setelah tiba di Batam, ternyata  di Batam, yang menjanjikan itu malah menjual wanita -wanita itu menjadi PSK.

Ribuan wanita PSK memadati Pulau Batam,jika dihitung bisa mencapai ratusan ribu orang,untuk saat ini saja, ada beberapa tempat yang menjadi lokalisasi,ada yang resmi dan ada banyak yang terselubung.

Adapun beberapa tempat  saat ini, ada di Sintai Tanjung Uncang, tempat ini lokalisasi resmi, selain itu ada di pemukiman liar sebelum pelabuhan Sagulung atau yang sering disebut pokok Jengkol, Ruli depan PT Hunday Tanjung Uncang,Pemukinan Liar Teluk Bakau Kabil,Tengki seribu di daerah bukit Senyum Jodoh, Komplek Perumahan pertokoan Squre Maritim Jodoh, dan di pemukiman ruli Sameong Batu Ampar.

Selain itu,selain yang tertera diatas,di seluruh diskotiq yang ada di Batam  PSK juga banyak terdapat.Ternyata,selain akibat banyaknya perusahaan yang gulung tikar,Para PSK tersebut banyak berasal dari gang Dolly Surabaya.tutupnya lokalisasi gang Dolly tersebut, juga telah mempengaruhi penambahan jumlah PSK di Batam.

Selain itu, PSK di Batam juga terdapat pada usaha yang berkedok Massage, dimana kalau 90% usaha massage di Batam,diketahui menjual wanita-wanita yang bekerja massagenya kepada hidung belang,dimana para pelanggan mereka adalah, para pelancong Singapura yang disebut sebagai " Apek-apek ". yang biasanya datang pada hari jumat dan hari sabtu.

Banyaknya wanita yang memilih profesi PSK di Batam,tentunya telah menjadi masalah sosial bagi imet kota Batam, Namun sampai saat ini, belum ada perhatian serius dari pemerintah kota Batam,untuk mengenai hal yang satu ini.(Ag)

Editor : Agus Budi T