Wednesday, 8 July 2015

Walau Softek mengandung klorin,Menkes minta agar warga jangan panik

Dinamika Kepri-Terkait ditemukannya pembalut wanita yang mengandung Zat kimia berjenis Klorin,Menkes Nila F. Moeloek(8/7), meminta agar masyarakat khususnya kaum Hawa untuk tetap tenang , menyusul temuan YLKI yang dinyatakan oleh YLKI telah mengandung klorin,katanya aman digunakan.

Inilah bahaya klorin dan bahan kimia lain pada pembalut dan pantyliner.


Seperti yang sudah dilansir brilio.net dari livestrong.com, Selasa (7/7/2015), zat berbahaya yang biasanya digunakan pada pembalut, pantyliner, maupun tampon tersebut digolongkan sebagai karsinogen atau zat pemicu kanker. Sementara menurut naturallysavvy.com, ada beberapa jenis penyakit yang bisa muncul akibat paparan klorin dan juga bahan berbahaya dalam pembalut, salah satunya adalah Pelvic Inflammatory disease (PID) atau radang panggul.


Radang panggul tersebut nantinya dapat menimbulkan masalah-masalah reproduksi, salah satunya adalah endometriosis yang bisa memicu kemandulan. Paparan klorin yang tidak terlalu sering mungkin masih bisa ditolerir oleh tubuh, tapi bila paparan klorin sampai bisa diakumulasi atau dalam hal ini pemakaian pembalut yang rutin tiap bulan, tentu saja risiko terserang penyakit semakin besar.


Editor : Agus Budi T