Wednesday, 8 July 2015

Menara pole kamuflase, Juga dibangun dekat pemukiman warga

Batam,Dinamika Kepri - Adanya  menara  pole kamuflase yang di bangun di dekat pemukiman  saat ini,ternyata mengundang pertayaan dari banyak khalayak ramai,selain di bangun di daerah pada penduduk,menara model ini (menara pole kamuflase=red),juga dibangun disekitar jalan umum.

Salah satunya di kampung Agas, tepat di depan kantor dinas sosial Sekupang,Batam,menara itu di bangun tepatnya disisi jalan,bahkan pekerjaan sebelumnya dilakukan di malam hari.

Biasanya menara BTS di bangun diatas ketinggian dan diusahakan jauh dari pemukiman penduduk,namun ini beda,posisinya sangat begitu dekat dengan rumah warga.Terkait hal ini,pada Rabu(8/7/2015), Wartawan media ini mencoba mengkorfirmasi kepada, Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam, H. Salim, S.Sos, M.Si, tentang keberadaan menara  pole kamuflase tersebut.inilah jawabannya.

Dalam rangka pengendalian dan penataan menara telekomunikasi di kota Batam, Pemerintahan kota Batam melalui Badan Kominfo dan SKPD teknis terkait sudah membatasi pembangunan menara yang konvensional, terutama untuk green field, kalaupun ada, maka kebijakan kita berupa menara pole kamuflase, kecuali yang berada di pinggiran yang masih blankspot.

Sedangkan untuk Roop Top ketinggian sangat kita batasi 9 sd 12 meter dan hanya tiang pole saja.Dan untuk lokasi yang padat penduduk atau ramai dan perkotaan, kita aplikasikan menara mikrocel pole  kamuflase (MCP) .

Saat ini, sudah ada beberapa provider MCP yang melakukan pembangunan di kota Batam, dengan pemanfaatan dan sewa tiang Penerangan Jalan Umum (PJU). dimana konsepnya adalah, bahwa tiang PJU yang ada, dilakukan strengten atau penguatan dan rekayasa tiang sehingga kemampuan daya topang disamping berfungsi sebagai PJU juga sebagai menara Telekomunikasi mikrocel dan dikamuflase.

Jika tiang baru telah terpasang dan telah berfungsi, maka tiang PJU yang ada diturunkan dan diganti dengan tiang yang baru. Pembangunan mikrocel pole ini, juga dalam rangka mendukung kebutuhan jaringan 4G LTE yang saat ini, sudah mulai dikembangkan di kota Batam.Terang Salim menjelaskan.

Editor : Agus Budi T