Sunday, 26 July 2015

Bisnis batu akik masih tetap eksis

Batam ,Dinamika Kepri- Hampir setahun ini,Bisinis batu akik masih tetap bertahan.selain masih banyak yang berminat,pameran-pameran  maupun kontes perlombaan kerap dilakukan khususnya di Kota Batam.

Ternyata,musimnya batu akik dapat mendongkrak ekonomi sebahagian orang,terlihat jika disetiap pojok maupun depan pertokoan selalu ada jasa tempat menghaluskan Batu Akik.

Selain menghalus,mereka juga menyediakan berbagai stok jenis bebatuan yang di datangkan dari berbagai  daerah.salah satunya jenis  batu akik Black Jack yang di datangkan dari Aceh.dimana bebatuan tersebut bisa anda dapatkan pada  penjual  batu akik yang ada di STC Sekupang,Batam,Kepri. 

Batu akik ini dijual Rp 50 ribu perbatunya dengan bentuk ukurannya persegi empat,jika dibentuk batu itu bisa menghasilkan  4 sampai 5 batu cincin.

Namun itu hanya batu saja,jika ingin membeli cangkangnya,atau alat pengikat batu,anda bisa mendapatkan di lantai 1 ,tepatnya di dekat morning Bakery,Kepri Mall.

Di tempat itu,Cincin atau cangkangnya di jual dari harga kisaran R 60 ribu hingga Rp 90 ribu dengan berbagai macam bentuk cincin.

Kepada media ini pada minggu(26/7),Ana seorang pedagang cicin Batu akik di Kepri Mall  mengatakan jika seharinya mampu menjual  sebanyak 60 cicin untuk batu akik.

“ Seharinya Bisa banyaklah,kalau saya hitung-hitung,satu jam itu pembelinya bisa mencapai 6 sampai 9 orang lah,Pembelinya juga bukan dari orang kita saja,orang bule juga ada yang beli. Selain itu,orang Singapura dan orang korea.juga kerap membeli.” Kata Ana.

Sebelumnya Batu akik tidak begitu populer,namun sejak presiden Amerika Serikat,Barac Obama dan Mantan Presiden RI,Susilo Bambang Yudoyono(SBY) memakai Batu Akik  berjenis bacan ketika diacara resmi kenegeraan setahun lalu.membuat pamor  Batu akik tersebut melambung tinggi hingga saat ini. (Ag)

Editor : Agus Budi T