Friday, 31 July 2015

Dari rumah mewah di Batam Center, Imigrasi kelas 1 Batam, Berhasil amankan 12 WNA pelaku sindikat penipuan online

Batam,Dinamika Kepri - Petugas imigrasi kelas 1 Batam,kamis (29/7),berhasil mengamankan 12 warga Negara Taiwan dan barang-barang elektronik  dirumah mewah di Batam Center.

Diduga  ke 12 orang  asing ini adalah pelaku sindikat penipuan online di negaranya. sedangkan 8 orang dari 12  yang diamankan  tidak dapat menunjukkan dokumen kepada petugas.

Sebelum dilakukan penangkapan.,petugas imigrasi terlebih dahulu melakukan pengintaian ke sebuah rumah mewah di batam center.kemudian petugas langsung melakukan penggerebekan.

Saat di periksa oleh petugas ,terdapt hanya 4 orang yang memiliki paspor dan 08 orang lainanya ,tidak dapat menunjukkan paspornya.selain itu sebanyak 12 warga asing ini, juga tidak mengerti dengan  bahasa indonesia. 

Dari penggerbekan ini sejumlah barang-barang elektroni,dimana para imigran ini tak satupun yang bisa berbahasa inggris dan indonesia .

Kemudian petugas juga melakukan penggeledahan ke dalam kamar kamar wna ini, petugas mendapati berbagai alat-alat elektronik seperti handpone, laktop dan elektronik lainnya. diduga imigran ini masuk melalui pelabuhan internasional Batam Center,dengan cara terpisah. 

Untuk sementara para imigran ini di amankan ke kantor karantina imigrasi kelas 1 Batam,untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut setelah mendatangakan penerjemah dari dirjen keimigrasian.(LN)

Editor : Agus Budi T