Monday, 13 July 2015

Cara Mengetahui Responsive Sebuah Website

Ilustrasi
Dinamika Kepri - Technology, Oh ya..! Apakah anda salah satu pemilik website, inilah tips  bagaimana cara mengetahui apakah website milik anda tersebut sudah Responsive, atau tidak.dan untuk mencobanya anda harus masuk dari Google Chrome/Mozilla Firefox. lalu Copy nama-nama link dibawah ini,dan pastekan pada kotak pencarian Google.

Mobile Friendly Test Google
Am I Responsive.
Troy.
Mobile Test.

Jika template blog itu mobile friendly (Responsive), maka akan tampak ukurannya mengikuti lebar layar monitor.Untuk lebih menyakinkan, kita bisa buka sendiri di HP/SmartPhone atau Tablet anda

Masih banyak situs yang lain menyediakan fasilitas demikian, namun ketiga situs di atas paling OK karena kita bisa mengetes di hampir semua jenis SmartPhone  dan ukuran monitor (layar=red).

Jangan lupa cek juga di Google Developer PageSpeed untuk mengecek ke Responsivean dan sekaligus kecepatan loding blog/Website anda.By : testemplatecb.blogspot.com.

Belakangan ini, dunia website sedang marak dengan trend responsive. Hal tersebut semakin di dukung dengan banyak bermunculan device Smartphone dan gadget-gadget terbaru yang mendukung berbagai kebutuhan seperti berjejaring sosial, melakukan upload dan download data dan juga melakukan browsing ke dalam sebuah website.

Karena kita tidak bisa memperkirakan pengunjung kita menggunakan device apa, mau tidak mau kita sebagai pemilik website harus memiliki website yang bisa diakses melalui device SmartPhone tersebut. Beberapa CMS sudah menyediakan plugin atau tema yang sudah mendukung responsivitas.

Lantas, apa sih Responsive itu ?

Responsive adalah teknik untuk membuat layout website dapat secara otomatis menyesuaikan diri dengan tampilan device pengunjung, baik ukuran maupun orientasinya. Jadi tampilan yang berada di desktop komputer dengan tampilan yang diakses melalu SmartPhone misalnya, itu akan berbeda tampilannya.

Istilah Responsive web design awalnya dicetuskan oleh Ethan Marcotte dalam sebuah artikelnya di List Apart (http://www.alistapart.com/articles/responsive-web-design/).

Ia mengulas tiga teknik yang telah ada yakni Flexible grid layout, flexible images, dan media and media queries ke dalam satu pendekatan dan menamakannya Responsive Design. Beberapa istilah yang digunakan untuk mengacu hal yang sama antara lain fluid design, elastic layout, rubber layout, liquid design, adaptive layout, cross-device design, dan flexible design.

Kita bisa mengecek Responsivitas website kita dengan menggunakan tools online pengecek responsivitas disini atau bisa juga dengan mengecilkan ukuran layar pada browser yang digunakan. Jika tampilan website Anda telah menyesuaikan dengan ukuran berbagai layar pada tester, maka website Anda bisa dinyatakan Responsive. By :puguhadhie.blogspot.com 

Selain menggunakan ke -3 situs diatas,anda juga  dapat melihatnya langsung tampa menggunakan situs tersebut.caranya,pertama kunjungi blog/website anda dengan catatan harus masuk dari Google Chrome,setelah blog/website anda tampil,blok tampilan Website anda Ctrl+A,setelah itu gunakan mouse dengan klik kanan,pilih periksa elemen,klik maka tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini.


Pada lingkaran merah, anda dapat memilih ukuran atau jenis beberapa tampilan perangkat,jika semua jenis perangkat telah menunjukkan tampilan yang maksimal,itu menandakan jika bolg/website anda, telah responsive atau Seo mobile Friendly. semoga bermamfaat.By:dinamikakepri.com (Ag)


Editor : Agus Budi T