Monday, 6 July 2015

Awas !..Bahaya, Kopi Dapat Membunuh Kesuksesanmu


Dinamika Kepri - Apakah kamu terbiasa mengkonsumsi kopi setiap hari? Jika jawabannya iya, mungkin mulai saat ini dan seterusnya, kamu harus bisa mengurangi kebiasaan meminum kopi sebelum beraktivitas di pagi hari. Karena mengkonsumsi kafein terlalu sering dapat mengancam bisnis dan pekerjaanmu.

Memang mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein dapat meningkatkan konsentrasi dan bisa meningkatkan mood saat beraktivitas. Hal ini juga telah dibuktikan dengan adanya penelitian yang mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan performa otak dalam waktu singkat terutama soal ingatan dan kewaspadaan.

Sayangnya banyak penelitian tidak mempertimbangkan jumlah kafein yang dikonsumsi oleh banyak orang. Penelitian baru dari Johns Hopkins Medical School menunjukkan bahwa peningkatan kinerja otak karena asupan kafein adalah hasil dari pembalikan jangka pendek kafein.

Dengan mengurangi jumlah kafein yang dikonsumsi peserta penelitian, efek peningkatan kinerja otak tidak terjadi sama sekali. Penelitian tersebut menunjukkan, untuk mengembalikan performa otak dan mood adalah dengan mengkonsumsi kafein, dan saat kamu meminumnya kamu akan merasa kembali segar dan bisa berkonsentrasi. Pada kenyataannya, kafein hanya mengembalikan performamu dalam waktu singkat saja dan akan membuat semakin ketergantungan.

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak juga bisa memberikan efek buruk. Mengkonsumsi kafein dapat memacu adrenalin, zat ini memang dibutuhkan dalam tubuh namun hanya dalam kondisi tertentu, misalnya saat mempertahankan diri dari bahaya, contohnya saat kamu berusaha mempertahankan diri dari jambret atau saat kamu berlari menyelamatkan diri dari kejaran binatang buas.

Namun zat adrenalin tidak dibutuhkan sama sekali dalam dunia kerja, bayangkan jika kamu harus merespon email pekerjaan yang penting dalam pengaruh adrenalin yang sangat tinggi, tentunya hal ini sangat tidak relevan sama sekali. Bisa saja keputusan dalam pekerjaan dan bisnis diambil berdasarkan rasa emosional tinggi akibat kafein, tentunya ini bisa berakibat fatal bagi kesuksesanmu.

Selain itu efek kafein dapat mengurangi kualitas tidur seseorang. Menurut penelitian kafein punya daya tahan yang cukup panjang di dalam tubuh orang yang mengkonsumsinya. Jika diminum pada pagi hari, sekitar 12 jam kemudian efek kafein masih tersisa sekitar 25%. Apa lagi jika dikonsumsi pada siang hari, maka saat kamu ingin tidur, kafein masih punya efek yang kuat di dalam tubuh.

Hasilnya otakmu tak akan bisa beristirahat dan akan terus bekerja meski kamu terlelap, efek yang akan langsung terasa adalah kualitas tidur akan menurun drastis. Kamu akan bangun di pagi hari dengan perasaan tak segar dan dalam keadaan otak yang lelah. Hal ini akan membuat performa kerjamu menurun yang bisa berefek pada bisnis atau pekerjaanmu. Pada akhirnya kamu akan kembali mengkonsumsi kafein lagi untuk mengembalikan performa kamu yang hilang.

Nah, sudah siapkah kamu mengurangi konsumsi kopi setiap harinya?

Sumber: Inc.com