Friday, 3 July 2015

A-L Tangkap kapal pembajak di perairan Kepri

Batam,Dinamika Kepri - Tim khusus angkatan laut, western fleet quick response (WHQR) di bawah Komando Armada ri kawasan Barat, berhasil mengamankan kapal tanpa awak bernama TB Meulaboh milik pembajak di perairan Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kapal jenis tug boat ini digunakan untuk melakukan perompakan kapal MT Orkim Harmony di perairan Malaysia pada kamis, 11 juni 2015 lalu.

Tugboat tanpa awak, TB Meulaboh,  yang diamankan dari tempat persembunyiannya di perairan pulau seloko,teluk senimba, tanjungriau, Batam, oleh tim western fleet quick respon (WHQR) Komando Armada ri kawasan barat (Koarmabar),ternyata adalah milik para perompak yang merompak kapal mt orkim harmony di perairan malaysia pada kamis, 11 juni 2015 lalu.

Setelah dikembangkan dan ditanyakan langsung kepada delapan abk yang sudah diamankan terlebih dahulu oleh otoritas vietnam di perairannya. tugboat ini berhasil lolos dan kemudian bersembunyi di perairan Indonesia.

Dari 13 pelaku perompakan itu, lima orang lagi yang berhasil melarikan diri dengan kapal TB Meulaboh ini. Tim WHQR Koarmabar saat ini (3/7),masih melakukan pengejaran tehadap kelima ABK tersebut,ternyata mereka hanya bertugas sebagai pengantar, sedangkan yang tertangkap merupakan pelaku eksekutornya, pemberi informasi,serta perekrut perompak.

Guna melacak keberadaan kelima pelaku tersebut, telah dilakukan pemeriksaan terhadap kapal, sidik jari, dan surat surat kapal. Penggagalan perompakan yang berhasil menyelamatkan 22 orang ABK, adalah berkat kerjasama Koarmabar dengan Otoritas Malaysia, Singapura, dan negara lainnya.(LN)


Editor : Agus Budi T