Saturday, 27 June 2015

Wisata di Kepri, Kaya akan kuliner khas bawah lautnya

Batam,Dinamika Kepri-Berbagai macam upaya dilakukan orang untuk mengenalkan potensi wisata dan kuliner daerahnya masing-masing,seperti warga Kepulauan Riau,selalu saja ada cara untuk mencoba menunjukkan ke khasannya daerahnya kepada masyarakat luas.

Salah satunya dengan melakukan Festival yang menampilkan berbagai jenis makanan dari daerah di Jakarta beberapa waktu lalu. Tentunya bukan hanya mengobati kerinduan warga Kepri yang ada di Jakarta atau di daerah manapun,namun acara itu juga berupaya mengajak masyarakat daerah lain untuk mengenal Kepri lebih jauh.

"Sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata di Kepri.Wisata tak jauh dari kuliner, untuk itu kita juga ingin mengenalkan kepada wisata kuliner apa saja yang ada di Kepri," kata Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata di Kepulauan Riau,Sapril Sembiring di kediamannya,Sabtu (27/6).

Tak hanya itu, dikenal sebagai salah satu tujuan destinasi bahari, hidangan yang disajikan pun tak jauh dari khas laut."Ada otak-otak, camilan berbahan dasar ikan,dan makanan lainnya yang manis pun juga ada," katanya menambahkan.

Dari pantauan. dinamika kepri .di lapangan sebanyak 26 jenis makanan disajikan diantaranya ada otak-otak, gonggong, gado-gado gembira, mie ekonomi, ou luak, ta kir, empek-empek, gorengan olahan seafood, shua he pia, hekeng, sotong yie, kerupuk udang, nasi dagang, roti kitai, putu mayang, lakse, kole-kole, kue bakar, tepung gomak, tepung bungkus, salad pulut, epok-epok, mir tarempa, bingke bakar, roti goreng,dan kerenas.

"Mereka semua didatangkan langsung dari Kepri. Bahkan alat-alat masaknya pun mereka bawa masing-masing untuk menjaga citarasa kuliner di Kepri.

Memang Festival Kuliner Kepulauan Riau ini sudah diadakan pada bulan lalu di jakarta,namun masih ada sisa waktu hari ini bagi Anda jika ingin mencicipi ragam bumbu khas daerah yang dikenal penghasil bawah lautnya. Yuk, ajak keluarga Anda mengunjungi wisata kuliner yang ada di Kepulauan Riau(Kepri). (DA)

Editor : Agus Budi T