Tuesday, 23 June 2015

Warga Batang Pane,Geger setelah lihat penampakan seekor buaya misterius di tepian sungai

Tapsel,Dinamika Kepri - Warga Batang Pane Tapanuli Selatan(Tapsel) Sumatera Utara,digegerkan,setelah seekor buaya tiba-tiba muncul di aliran Sungai Batang Pane, Keberadaan binatang buas ini membuat warga ketakutan. Sebab, tidak biasanya di sungai tersebut ada buaya.

Kemunculan buaya itu diketahui sejak pekan lalu. Beberapa warga melihat langsung buaya berjemur di tepian sungai, namun tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut masih belum dapat melihat langsung.

"Begitu mendapat laporan, tim kita langsung ke lokasi. Sampai hari ini kita memang belum melihat langsung buaya itu, namun kita yakin memang ada berdasarkan laporan warga," kata Kepala Balai Besar KSDA Sumut, John Kenedie, kepada wartawan media ini, Selasa (23/6/2015).

Disebutkan John, keberadaan buaya itu dilaporkan ke KSDA pada Kamis pekan lalu. Seterusnya tim Bidang KSDA Wilayah II Padangsidimpuan, yang dipimpin Kepala Bidang, Subhan, datang ke lokasi pada Sabtu. Namun hingga hari ini tim belum berhasil melihat langsung reptil itu.

"Berdasarkan laporan, panjangnya sekitar dua meter. Tapi sejauh ini tidak ada laporan konflik dengan manusia," kata John Kenedie didampingi staf Subbag Data, Evlap dan Humas, Evansus Renandi Manalu.

Kendati demikian, warga diimbau untuk berhati-hati jika beraktivitas di sekitar lokasi munculnya buaya itu. Saat bersamaan, tim BBKSDA tengah merencanakan langkah evakuasi buaya itu dari sungai. Seterusnya, jika buaya berhasil ditangkap, akan dikirim ke penangkaran maupun tempat lainnya.(LN)

Editor :Agus Budi T