Friday, 12 June 2015

Untuk Menghemat Biaya Operasional,Katanya Ada Oknum Anggota Dewan Nebeng di Acara Reses Dewan Lain

Batam, Dinamika Kepri -Dalam seminggu ini terhitung sejak tanggal 10/6 sampai tanggal 16/11/2015 nanti,setiap anggota Dprd Kota Batam tengah di sibukan dengan melakukan Reses disetiap Daerah pemilihannya (Dapil).

Terkait Reses yang sedang dilakukan anggota Dewan,ternyata ada issu selentingan yang tidak sedap dan mengejutkan,sebab dari setiap reses yang yang dilakukan oleh setiap anggota Dewan tersebut,katanya ada juga  sebagian oknum anggota dewan lain sengaja ikut nebeng  diacara  reses anggota dewan lain,tujuannya untuk biaya oprasional.

Menanggapi issu 'Nebeng' tersebut,Anggota Dprd kota Batam dari komisi III , Jurado Siburian mengatakan,itu sah-sah saja.

" Itu sah-asah saja,namun sangat extreem jika dikatakan dengan kata Nebeng, Enggaklah, Itu hanya issu selentingan saja,Sebenarnya itu bukan Nebeng,hanya saja anggota dewan berusaha melakukan Reses tersebut,melakukan satu acara,bayangkan ada 15 anggota dewan dari setiap dapil,bahkan tidak juga mungkin di satu tempat dilakukan reses dilakukan secara berulang-ulang oleh anggota dewan yang berbeda,padahal misinya sama,yaitu untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat,selain itu,waktunya juga singkat hanya seminggu saja ." Kata Jurado menanggapinya,(12/6).

Minimnya anggaran biaya opersional yang dikunjurkan bagi anggota Dewan untuk melakukan acara reses nya,diduga tidak menutup kemungkinan kalau aksi nebeng itu memang terjadi,jangankan reses,untuk kunjungan kerja saja,ada oknum Anggota Dewan diduga mampu berbuat curang dengan memakai joki untuk mewakilinya.

Senada dengan tanggapan Jurado Siburian,Bobi Alexsander Siregar juga mengatakan hal sama,katanya bukan nebeng,kalaupun ada yang ikut diacara reses anggota dewan lain,yang pastinya harus dari satu Dapil.

" Bukan nebeng,kalupun ada yang ikut diacara reses anggota dewan lain,yang pastinya harus dari satu Dapil." Kata anggota dari komisi II Dprd kota Batam  ini menanggapi.

Pengertian Reses atau Masa Reses adalah masa dimana DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPR. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja,baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok.


Editor : Agus Budi T