Tuesday, 9 June 2015

Tips Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Dinamika Kepri - Jerawat!,Tentunya semua orang baik laki-laki dan perempuan selalu merasa jerawat adalah hal yang sangat menjengkelkan. Jerawat adalah sebuah peradangan yang terjadi pada kelenjar di permukaan kulit wajah. Secara umum jerawat juga bisa terjadi pada punggung, rahang dan leher. Memiliki jerawat menjadi hal yang memalukan karena bisa mengurangi rasa kepercayaan diri. Jerawat umumnya dapat terjadi pada lapisan kulit yang berminyak. Kondisi kulit yang memiliki banyak bakteri juga bisa menyebabkan jerawat menjadi lebih parah. Namun penyebab jerawat tidak hanya dari kondisi kulit saja.

Penyebab Jerawat

Beberapa penyebab jerawat tidak hanya dari masalah kulit saja. Beberapa orang bahkan bisa mendapatkan banyak jerawat meskipun membersihkan kulit secara teratur. Berikut ini beberapa penyebab jerawat secara umum.

*Produksi minyak yang berlebihan dari kelenjar pada kulit.
*Timbunan sel-sel kulit mati yang berlebihan.
*Bakteri yang muncul dan tumbuh pada kulit.
*Masalah penyakit yang disebabkan karena inflamasi.
*Ketidakseimbangan hormon reproduksi pada remaja baik laki-laki dan perempuan.
*Makanan yang banyak mengandung lemak.
*Resistenti insulin pada penderita diabetes.
*Kebiasaan mengkonsumsi alkohol yang berlebihan sehingga memicu masalah kelenjar.
*Stres yang bisa meningkatkan produksi minyak dan keringat secara berlebihan.
*Nutrisi makanan yang buruk.

Perawatan Jerawat dengan Tomat

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat adalah alternatif terbaik untuk menjaga wajah agar bebas berjerawat. Perawatan wajah berjerawat dan berminyak dapat dilakukan dengan masker tomat.

Jerawat memang menjadi masalah yang sangat umum. Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Namun menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas adalah keinginan semua orang. Jerawat biasanya akan muncul dengan cepat bahkan ketika langkah pengobatan masih dilakukan. Salah satu langkah pengobatan jerawat adalah dengan menggunakan tomat. Langkah ini sangat efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini bukti dan cara untuk mengobati jerawat dengan tomat.

Alasan Memakai Tomat untuk Mengobati Jerawat

Mungkin Anda tidak percaya bahwa dalam satu buah tomat yang mungil ternyata berkhasiat untuk mengobati jerawat tanpa menimbulkan bekas. Baiklah,jika Anda belum percaya, maka ikuti beberapa bukti dibawah ini:

1. Tomat Mengantung Likopen.

Tomat adalah buah yang sangat istimewa. Tomat mengandung berbagai jenis antioksidan dan likopen. Likopen adalah sebuah zat khusus yang ditemukan pada tomat. Likopen adalah sebuah zat antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen dipercaya memberikan beberapa manfaat yang sangat besar untuk tubuh seperti sistem kekebalan tubuh. Namun likopen ternyata juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat likopen untuk kesehatan kulit.

Likopen berperan untuk meningkatkan perlindungan alami pada kulit dari efek sinar UVA dan UVB yang berasal dari sinar matahari.

Likopen akan mendukung proses regenerasi sel kulit yang mati dan memberikan perlindungan kulit secara sempurna.

Likopen juga membantu produksi kolagen yang akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan tampak lebih alami.

2. Tomat Mengurangi Ukuran Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit yang terlalu besar akan membuat kulit menjadi lebih mudah kotor dan bisa menyebabkan jerawat dari tumpukan debu dan zat kotor lain. Tomat akan membantu mengecilkan ukuran pori-pori karena mengandung zat alami yang bisa membuat kulit lebih elastis. Jika Anda ingin mendapatkan ukuran pori-pori yang lebih baik maka gunakan tomat secara teratur.

3. Tomat Mengandung Zat Antiinflamasi

Tomat adalah salah satu buah yang mengandung antiinflamasi alami. zat ini berfungsi untuk mengurangi peradangan dan bersifat menyembuhkan luka. Tomat bisa memberikan penyembuhan alami pada jerawat karena kandungan zat antiinflamasi.

4. Tomat Mengurangi Kandungan Minyak

Kulit berminyak adalah salah satu masalah penyebab jerawat yang paling sering ditemukan. Tomat bisa dijadikan bahan alami yang mengurangi produksi minyak pada kelenjar yang berlebihan. Tomat mengandung bahan atau zat khusus yang bisa mencegah produksi minyak sehingga efektif untuk mengurangi jerawat.

5. Tomat Mengandung Vitamin A, C, dan K.

Tomat adalah buah kecil berwarna merah yang sangat menyegarkan. secara alami tomat akan membantu mengurangi penyebab jerawat dari bagian dalam tubuh. Bahkan jerawat bisa mencukupi kebutuhan asupan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit. Tomat mengandung vitamin A yang bisa meremajakan kesehatan kulit, tomat juga mengandung vitamin C yang bisa membentuk produksi kolagen, membuat kulit menjadi lebih elastis, serta vitamin K yang bermanfaat untuk menyembuhkan bekas merah pada kulit atau jerawat dan memudarkan warna merah kembali menjadi warna kulit yang asli.


Cara Pengobatan Jerawat dengan Tomat

Tomat memang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. zat ini bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dari makanan atau udara kotor yang menempel pada kulit. Tomat akan membantu memelihara kesehatan kulit, mencegah menumpuknya sel-sel kulit yang sudah mati dan membantu menghilangkan jerawat tanpa menimbulkan bekas. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati jerawat dengan tomat.

1. Dengan Menggunakan Irisan potongan tomat

Jika Anda memiliki jerawat kecil-kecil yang biasanya banyak muncul pada dahi dan sekitar area T maka anda bisa memakai tomat. Cara memakainya adalah dengan memotong tomat berukuran sedang atau kecil menjadi dua atau tiga bagian. Tempelkan potongan tomat ke bagian wajah dan tekan hingga gel tomat keluar dan mengenai kulit. Biarkan selama beberapa menit hingga gel mengering dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut.


2. Masker dari kulit tomat.

Jika Anda memiliki jerawat yang banyak dan rata maka Anda bisa memakai cara ini. Beberapa orang memang sudah membuktikan dan hasilnya sangat menakjubkan. Langkah pemakaiannya seperti dibawah ini:

*Cuci bersih satu buah tomat yang sudah matang segar.
*Kupas bagian ujung tomat yang berhubungan dengan tangkai.
*Rendam tomat dalam air hangat selama sekitar 5 menit.
*Kupas kulit tomat yang tipis dan tempelkan pada seluruh bagian wajah. Biarkan selama beberapa menit hingga kulit tomat kering dan lepas dari kulit wajah.
*Manfaatkan bagian gel tomat menjadi masker tomat.  *Hancukan semua bahan dan terapkan pada wajah.
*Biarkan semua bagian masker kering. Anda bisa melakukan proses ini selama lebih dari 30 menit.
*Setelah kering dan bersih maka lap wajah dengan handuk hangat dan terapkan dengan pelembab yang sesuai dengan tipe wajah Anda.

Baca juga : Cara membuat masker tomat

3. Campuran tomat dan jeruk nipis.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis telah lama dipraktekkan oleh penderita jerawat yang tidak kunjung sembuh. Tomat memang memiliki sifat yang lembek dan kurang menyenangkan. Jika Anda tidak menyukai tomat yang lembek dan berada pada kulit wajah maka Anda juga bisa memakai cairan tomat yang sedikit. Peras air jeruk nipis dan campurkan dengan satu sendok gel tomat. Terapkan campuran bahan ini seperti memakai masker. Biarkan hingga kering dan bersihkan dengan air hangat. Cara ini lebih mudah dan efektif untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi komedo.

4. Campuran Tomat dan Mentimun.

Anda juga bisa mencampurkan tomat dan mentimun menjadi ramuan yang ajaib untuk menyembuhkan jerawat. Mentimun memiliki sifat untuk melembabkan kulit wajah sementara tomat akan bekerja untuk mengecilkan ukuran pori-pori. Cara memakai campuran tomat dan mentimun adalah dengan menghancurkan semua bagian mentimun dan tomat. Gunakan campuran ini hingga menjadi pasta dan bisa diterapkan pada wajah seperti memakai masker. Biarkan masker berada pada kulit hingga kering. Campuran tomat dan mentimun juga sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit.

Baca juga : Cara membuat masker timun

5. Campuran tomat dan yogurt.

Tomat dan yogurt bisa menjadi cara yang sangat mudah untuk menyembuhkan jerawat. Anda bisa menghancurkan gel tomat hingga menjadi pasta. Setelah itu campur dengan dua sendok yogurt. Terapkan masker ini pada semua bagian wajah. Jika Anda merasa tidak nyaman maka bisa memakai masker hanya untuk bagian kulit yang berjerawat. Biarkan hingga masker mengering. Kulit Anda akan tampak lebih lembut dan lembab.

6. Tomat sebagai cara menghilangkan komedo.

Komedo adalah salah satu potensi jerawat yang sangat besar. Anda bisa menghilankan komedo hanya dengan memakai tomat. Caranya adalah ambil tomat yang masih segar dan pisahkan bagian gel merah pada bagian tengah tomat. Gunakan gel untuk kulit yang terdapat komedo. Biarkan hingga mengering dan bersihkan dengan air hangat. Jangan menekan komedo secara berlebihan karena ekstrak dari gel tomat akan membantu komedo hilang secara alami.

Tomat tidak hanya mudah didapatkan tapi juga mengandung khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Anda bisa mendapatkan khasiat yang sangat besar dengan memakai tomat yang masih segar. 

Hindari memakai tomat kalengan atau tomat yang sudah disimpan dalam kulkas. Tomat yang sudah disimpan berpotensi bisa menyebabkan bakteri pada jerawat dan wajah. Selain itu jangan menekan bagian jerawat selama memakai tomat sebagai obat jerawat. *(WJ)

Semoga bermamfaat..