Tuesday, 23 June 2015

Terkait PT.Passion Plastics,Dendi Purnomo mengaku belum terima laporan dari Rosmalinda

Batam,Dinamika Kepri-Terkait tindakan sangsi administrasi yang diberikan oleh Rosmalinda yang akan diberikannya terhadap PT.Passion Plastics, ternyata hingga saat ini belum direalisasikan,pasalnya, kepala badan pengendalian dampak lingkungan daerah(Bapedalda) kota Batam,Ir.Dendi Purnomo sendiri kepada wartawan media ini mengaku,jika Rosmalinda yang menangani masalah itu,belum memberikan laporan ke meja kerjanya.

"Saya belum menerima laporannya,tetapi biasanya itu ada tenggang selama 14 hari." Kata Dendi Purnomo diruang kerjanya kepada wartawan ini (23/6).

Sebelumnya,Rosmalida yang bekerja di bagian pengaduan Bapedalda kota Batam itu,kepada wartawan ini mengatakan akan segera memberikan sangsi terhada perusahaan PT.Passion Plastics tersebut.namun sudah beberapa hari berlalu sejak pernyataannya itu,sampai saat ini belum dilakukan.sebab perusahan yang diduga sengaja membuang limbah cairnya pada tanggal 15/12/2014 lalu itu,terlihat masih beraktifitas seperti biasa.

Selain itu,wanita berhijab itu juga mengaku memiliki kesulitan dengan semple limbah yang diterimanya,sebab dalihnya,bahwa semple limbah itu sudah lama tersimpan.dan telah mengakibatkan adanya perubahan serta tidak valid jika digunakan sebagai alat bukti unutk menuntut perusahan tersebut.

Siang tadi,23/6,Via pesan singkat,wartawan ini kembali mempertayakannya tentang langkah yang sudah dilakukan Bapedalda kota Batam terhadap PT.Passion Palstics itu.Ia menjawab,masih di tangani.

"Kasus ini kita tangani sesuai prosedurnya." Jawabnya membalas.

Menanggapi alasan Rosmalinda yang mengatakan semple limbah yang sudah lama tersimpan,Dendi juga menjelaskan,katanya,baiknya jika semple limbah cair  yang kita dapat hari itu lansung dicek hari itu juga jadi hasil juga lebih valid.

Selain itu,Dendi juga menjelaskan,bahwa limbah cair yang mengandung limbah B3 bukan dilihat karena keruhnya air,limbah cair yang bening juga ada yang mengandung B3 sebab air limbah yang bening juga ada yang mengandung kadar logam yang tinggi.

"Limbah B3 bukan dilihat karena keruhnya air,limbah cair yang bening juga ada yang mengandung B3,sebab air limbah yang bening juga ada yang mengandung kadar logam yang tinggi.jadi jika ada menemukan,segera ambil semplenya dan diperiksa hari itu juga,bedapula dengan limbah padat seperti Couverslide,itu kapan saja bisa cek sebab jenisnya padat beda dengan limbah cair.karena sifat kadarnya bisa berubah-ubah." Ucap Dendi lagi menjelaskan.

Terkait jenis sangsi administrasi yang biasa diberikan Bapedalda kota Batam terhadap para perusahaan nakal,Dendi mengatakan sifatnya ada bermacam-macam.

" Bermacam-macam,ada  yang sampai perusahaan itu kita tutup sementara (disegel),bahkan ada juga,alat yang sengaja kita sita atau menahan alat pendukung seperti alat-alat berat seperti yang telah terparkir sudah lama di halaman kantor ini,semua itu  adalah dari jenis sangsi administrasi yang kita berikan kepada setiap perusahaan."Ucapnya mengakhiri.

Editor : Agus Budi T