Wednesday, 10 June 2015

Sahabat..!,Maafkan Jika Aku Ada Salah Kepadamu

Batam,Dinamika Kepri - Surat dari Pembaca, Kepergianku bukanlah karena aku ada merasa benci terhadapmu,namun itu harus kulakukan karena aku tidak mau membebani hidupmu sepanjang waktu.

Aku punya kehidupan sendiri yang  harus kujalani,kehidupanku banyak beban,tidak mungkin juga aku melibat orang lain di dalam masalah kehidupanku,sebelum itu terjadi, tentunya aku harus  menjaganya hingga aku harus pergi jauh dari kehidupanmu.

Selain itu,aku bukanlah seperti orang yang kamu anggap ingin mengharapkan sesuatu darimu,kamu tahu,dari dahulu aku ingin pergi dari kehidupan,tetapi selalu menahanku,aku semua hargai itu,Namun untuk saat ini pintaku lupakanlah aku, biarkan aku menjalani kehidupanku.

Sebagai seorang sahabat, dari kejauhan aku akan menjagamu,seorang sahabat,mungkin hanya itu hanya bisa diperbuat,juga sebagai seorang sahabat ,aku hanya bisa mendukung dengan semua yang kamu lakukan.

Mungkin orang lain berusaha ingin dekat denganmu dengan tujuan tertentu,dan bukan ingin menyucikan diri,namun aku bukan seperti itu,aku berusaha menjalani hidup ini  apa adanya,hidup manusia punya garis tangan masing-masing, tidak mungkin selamanya hidup terus di bawah.

Banyak orang pergi meninggalkan sahabatnya setelah ia mengetahui tidak ada lagi yang bisa diharapkan,dan bukan rahasia umum,itu memang kerap tejadi dan memang telah menjadi rahasia hidup manusia sehari-harinya . Namun aku tidak tahu,aku bukan seperti itu, aku sadar masih ada kehidupan lain selain dari kehidupan ini,mungkin saat ini aku seperti ini,aku yakin bumi ini terus berputar begitu juga dengan nasib dan takdir seseorang, tentunya pasti berubah.hidup ini kadang di bawah juga kadang diatas.

Bukan aku tak butuh materi, itu sifatnya dunaiwi,aku juga sama seperti orang lain yang tidak terlepas dari semua itu,siapa yang tidak ingin akan hal itu, mungkin hanya orang gila yang tidak menginginkannya.

Aku menganggapmu sebagai seorang sahabat,bahkan sampai saat ini juga kamu tetap kuanggap  sebagai seorang sahabat.banyak hal yang sudah kita lalui bersama,duka dan cita  semua berangsur berlalu.

Kini dirimu telah sukses,apa yang kamu inginkan telah terkabul,mungkin hanya itu peran sahabat untuk mendukungmu,dengan kesuksesan yang kamu raih ini,tengah membuat aku harus menjaga jarak kepadamu.kamu bukan seperti dulu lagi.aku juga harus menjaga marwahmu di hadapan orang lain.

Dengan kesuksesanmu saat ini,tentu banyaknya orang yang ingin dekat denganmu.aku tidak tahu apakah kamu juga mengetahui hal itu.tetapi apapun yang kamu lakukan aku tetap mendukungmu,walaupun saat ini,itu hanya dapat kulakukan dari doaku.

Aku minta maaf..terkadang seorang sahabat itu ada kalanya akan pergi, pasangan suami istri saja banyak yang berakhir dengan percerian,namun tidak pada persahabatan,bagiku rasa persahabatan itu tidak akan lekang dimakan waktu.namun aku tidak tahu kalau persahabatan ini sebelumnya kamu anggap apa.

Tidak ada kesalahan apapun yang kamu lakukan hingga aku pergi,lagian aku harus sadar,kini aku tidak lagi pantas berteman denganmu. kamu orang sukses tidak mungkin berdekatan dengan orang susah seperti aku.jangankan dirimu,orang yang ada disekitarmu juga telah risih dan menganggap aku sebagai parasit di dalam hidupmu.bahkan  ia juga berusaha untuk memecahkan persahabatan ini.

Tetapi itu tidak perlu di permasalahkan,itu memang sudah hukum alam,jangankan manusia,semut saja akan datang  menerumuni dimana ada gula.

Banyak yang mengatakan,"Ketika aku senang maka dia akan datang,jika Ia tahu aku susah,diapun akan menjauh juga !", Sebenarnya ungkapan yang dimaksud ini,memang benar adanya,dan bukan saat ini saja,sikap seperti ini ,sudah ada sejak kita belum dilahirkan.Namun tidak semua seperti itu.aku tidak,aku pergi ketika dirimu telah meraih kesuksesan itu.

Bagiku inilah Arti sahabat yang pahami,Arti Sahabat adalah segalanya.Sahabat adalah orang ketiga dari orang tua dan guru di sekolah,Terkadang di saat kita butuh seorang sahabat,ia selalu ada buat kita,Tidak semua sahabat kita itu saling ada buat sahabat-sahabatnya yang lain,Terkadang dengan kesibukan mereka masing-masing mereka tidak selalu ada buat kita,Jadi kita harus saling ngerti satu sama lain.

Sahabat Yang baik adalah mereka yang mengisi kekuranganmu bukan mengisi kekosonganmu, Seorang sahabat adalah Kado yang anda berikan kepada diri anda sendiri.

Begitu juga sifat-sifat dari Seorang Sahabat yang kuketahui selama ini,

*Jika Engkau membuat bakti kepadanya,ia akan melindungimu.
*Jika Engkau rapatkan persahabatan dengannya,ia akan membalas baik persahabatanmu itu.
*Jika Engkau mengulurkan sesuatu kebaikan kepadanya,ia akan menerima dengan baik.
*Jika ia melihat sesuatu yang tidak baik darimu,ia akan menutupnya.
*Jika Engkau meminta suatu bantuan daripadanya ia akan mengusahakannya.
*Jika Engkau berdiam diri(karena malu hendak meminta),ia akan menanyakan kesusahanmu.
*Jika Engkau berkata kepadanya,ia akan membenarkannya,walaupun itu sebenarnya ucapanmu itu salah.
*Jika Engkau merangcang sesuatu,ia akan membantumu.
*Jika Engkau berselisih faham,Niscaya ia lebih senang mengalah.

Harapku,melalui tulisan ini,sekiranya dirimu dapat memahami aku yang sebenarnya,aku bukan orang baik,namun aku tetap berusaha tetap lebih baik,aku tidak ingin menyakiti orang lain karena aku juga tidak ingin disakiti orang lain.hidup ini singkat,aku hanya mencoba hidup apa adanya.

Maaf jika ada tulisan atau kata-kata yang tidak berkenan yang telah menyinggung hati dan persaanmu.sekali lagi aku minta maaf jika aku telah melakukan kesalahan selama kita bersama.aku janji,walau kita tidak pernah berjumpa lagi,aku akan tetap mengingatmu,bahkan kepada keturunanku, aku akan menceritakan bahwa aku bangga  pernah dekat bisa mengenal seperti sosokmu,kata terakhirku,semua atas kebaikan dan perhatian yang sudah kamu berikan padaku,aku ucapkan terima kasih,bagaimanapun aku tidak akan mungkin mampu membalaskan semua itu,pintaku,semoga Tuhan Yang maha kuasa selalu menyertai dan memberikan umur panjang kepada dirimu.Terima kasih,salam dariku dari sahabatmu.


Editor : Agus Budi T