Sunday, 28 June 2015

Mesjid Muhammad Cheng Ho, Juga Ada di Batam

Batam,Dinamika Kepri - Kini warga Batam bisa berbangga,pasalnya Batam sudah menjadi kota kelima di indonesia, yang memiliki Mesjid beraksitektur kelenteng, yakni Mesjid Muhammad Cheng Ho, dimana keunikan Mesjid ini adalah,terlihat dari struktur bangunannya,yang semuanya mengadopsi akrsitektur China.

Ini dia Mesjid Cheng Ho, yaitu salah satu objek wisata kebanggaan warga kota Batam, Mesjid yang terletak di kawasan wisata Golden Prawn,Bengkong ini adalah Mesjid kelima yang ada di indonesia, setelah Mesjid Cheng Ho sebelumnya yang telah berdiri seperti di Surabaya, Palembang, Pasuruan dan Selaganggang dan di Purbalingga.

Mesjid ini berdiri di tengah tengah kawasan wisata Golden Prawan, Mesjid juga ini beridiri diatas lahan seluas 700 meter persegi,luas bangunannya mencapai 10 x 20 meter persegi, dan tinggi 11,5 meter. 


Sekilas apabila kita melihat fisik bangunan dari luar,orang akan mengira kalau bangunan ini adalah sebuah kelenteng, namun apabila kita melihat puncak bangunan,ada terdapat lafas Allah, hal ini yang banyak membuat warga Batam yang melintas penasaran.

Apabila kita melihat arsitektur di bagian dalam, bangunan Mesdjid sama dengan fisik Mesdjid pada umumnya, dimana terdapat banyak tulisan kaligrafi islam, selain itu juga terdapat mimbar ruangan yang dapat menampung 300 umat untuk sembahyang,bahkan waktu masa pembangunan Mesdjid ini,hanya memakan waktu empat bulan lamanya. 

Salah seorang warga Batam, Sonhadi, mengatakan semula ia penasaran akan keberadaan Mesdjid Cheng Ho ini, semula ia mengetahui keberadaan Mesjid ini dari mulut ke mulut, penasaran, ia menyempatkan datang dan beribadah di Mesdjid ini, menurutnya Mesdjid ini sangat unik.

Sementara itu menurut pengelola Mesdjid Cheng Ho, Mesdjid ini adalah sumbangan dari salah seorang pengusaha Golden Prawn, Mesjid ini adalah Mesjid kelima di indonesia, Mesjid ini adalah Mesjid pariwisata, dan di harapakan keberadaan Mesjid ini mampu meningkatkan kunjungan pariwisata ke indonesia, khususnya Batam, selain itu, Mesdjid ini juga menjadi tempat wargta sekitar untuk beribadah.

Bahkan kata pengelolanya lagi, jika Mesjid akan terlihat lebih indah  di malam hari,dimana pancaran lampu dari dalam membuat arsitektur bangunan lebih indah,Ucapnya mengakhiri kepada wartawan ini.(LN)


Editor : Agus Budi T