Tuesday, 16 June 2015

Media Cetak Semakin Terkikis Sejak Media Online Menjadi Pilihan Banyak Orang

Batam,Dinamika Kepri - Perkembangan media online saat ini terlihat begitu pesat,berita-beritapun update begitu cepat tampa harus menunggu tidak harus terbit cetak di sore ataupun terbit cetak di pagi hari. 

Berita-berita terbarupun semakin cepat tersiar,Namun dengan adanya media online saat ini,terkesan telah mengikis bisnis pada media cetak Majalah dan Koran,apalagi Internet menjadi teknologi yang maha cepat, ringkas, dan  hemat.tentunya jadi pilihan banyak orang.

Bahkan tidak jarang kalau saat ini,banyak perusahaan media memilih beralih ke media online,selain bisa menghemat biaya kostnya untuk cetak,tentunya,juga telah memberikan sumbangsih yang besar agar alam tetap hijau,sebab kertas koran yang dipakai tempat memuat berita adalah berbahan dasar berasal dari kayu.dengan begitu,tentunya sedikit telah mengurangi pemanasan global.

Perkembangan media Online saat ini, tidak terlepas dari tahap-tahap pekembangan technologi semakin canggih,karena siapa saja sudah dapat dengan mudah mengakses apa saja yang dinginkan yang berhubungan dunia maya,tinggal pilih aplikasinya semua terjasi dengan mudah.bisa dikatakan dunia ada digemgaman setiap orang.

Sebelumnya, dimasa hidupnya Leonard Kleinrock,memang sudah meramalkan dan Ia juga telah mengatakan " Kiamat bagi media cetak diyakini adalah keniscayaan ",dimana  ucapan itu dikatakannya  setelah dirinya menemukan internet pada tahun 1969 yang lalu.

Leonard Kleinrock adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet.Ia Seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains, ia juga membuat kontribusi penting beberapa bidang jaringan komputer  khususnya untuk sisi teoritis jaringan pada computer.

Mengingat apa telah dikatakan sebelumnnya,ternyata benar,terbukti jika saat ini,telah banyak media cetak terkenal luar negeri telah memilih Jaringan Internet sebagai medianya untuk menyiarkan berita ketimbang harus mencetaknya di koran.

Salah satunya Koran Swedia bernama Post och Inrikes Tidningar (PoIT) yang didirikan Ratu Christina pada tahun 1645,adalah ini adalah koran cetak terua di dunia dan mengakhiri publikasinya dalam edisi cetak. dan kini PoIT  bisa dinikmati hanya dalam versi online saja.

Bahkan Majalah berita mingguan,Newsweek juga telah memutuskan untuk berhenti terbit pada tahun 2012 yang lalu dan telah menggantinya dengan sebuah portal bernama Newsweek Global.   


Editor : Agus Budi T